Rabu, 29 Jan 2020 13:02 WIB

Daftar Penyakit yang Mengintai Orang Sering Lembur

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Kerja lembur Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ada suatu masa ketika pekerjaan terus datang seperti tiada habisnya. Oleh karena itu, banyak karyawan yang terpaksa lembur untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan mereka. Ketika lembur, tubuh yang seharusnya beristirahat, dipaksa untuk bekerja lebih keras. Selain itu, lembur juga membuat jam tidur menjadi berkurang. Padahal, normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu 6-8 jam untuk tidur tiap harinya.

Ternyata, kerja lembur tidak baik bagi kesehatan tubuh. Lembur bisa berakibat fatal jika dilakukan setiap hari. Berikut daftar penyakit yang mengintai orang yang sering kerja lembur.

Insomnia

Orang yang sering lembur akan mengalami insomnia atau gangguan tidur. Hal ini terjadi karena irama di dalam tubuh berubah. Tak hanya itu, orang yang sering lembur juga akan menyebabkan tubuhnya mengalami kelelahan kronis dan hilangnya energi.

Sindrom Mata Kering

Ketika lembur, waktu yang dihabiskan di depan komputer otomatis bertambah. Orang yang lembur harus tetap menjaga mata mereka di depan komputer dalam waktu yang lama. Hal ini bisa memicu sindrom mata kering. Mata kering berbahaya karena akan menyebabkan penyakit mata yang lain.

Liver

Orang yang sering lembur biasanya adalah seorang workaholic yang kurang memperhatikan gizi makanannya. Orang yang kurang memperhatikan gizi makanan bisa memicu sakit liver. Jika sudah terkena penyakit ini, maka selera makan akan hilang, cepat merasa lelah dan urinnya berwarna sangat coklat.

Jantung

Lembur pekerjaan yang tak kunjung usai membuat tingkat stres menjadi meningkat. Belum lagi adanya tekanan target atau emosional pada pekerjaan, konflik di kantor yang membuat pikiran menjadi makin terbeban. Untuk mengurangi stres, orang-orang juga biasanya akan cenderung untuk merokok. Segala hal tadi akan memicu penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung.

Lembur juga membuat orang kurang memperhatikan makanan. Junk food akan menjadi makanan andalan ketika sedang lembur. Padahal konsumsi junk food berlebih juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ada begitu banyak lemak jahat yang terkandung dalam junk food. Hal ini juga akan memicu penyakit kolesterol. Kolesterol yang tinggi juga menjadi salah satu pemicu penyakit jantung.

Jika kamu merasa 'saya sudah tahu bahaya kolesterol tinggi', maka segera turunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuhmu. Caranya dengan menghindari makanan berlemak, junk food, dan bantu dengan minum Nestle ACTICOR.

Nestle ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan ini teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak.

Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Tak hanya itu, Nestle ACTICOR juga bisa menjadi sumber vitamin B1 dan B2. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa (lebih dari 18 tahun) yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Mulai hari ini, yuk minum Nestle ACTICOR setiap hari.

(prf/ega)