Rabu, 29 Jan 2020 12:15 WIB

Lebih Efektif Mana untuk Cegah Virus Corona, Masker Bedah atau N95?

Achmad - detikHealth
masker bedah vs masker n95 virus corona Dua jenis masker yang paling populer, masker bedah dan masker N95 (Foto: iStock)
Jakarta -

Segala upaya dilakukan oleh banyak orang untuk menangkal virus corona 2019-nCoV. Salah satunya adalah dengan penggunaan masker.

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Achmad Yurianto mengatakan masker bukanlah cara efektif untuk mencegah penularan virus corona.

"Saya pakai masker yang terbaik pun pada saya makan, pada saya pegang hidung kan maskernya saya lepas. Kan nggak mungkin saya makan ada maskernya begini kan," kata dr Yuri.

Meski saat ini jenis masker N95 kerap dikatakan yang paling efektif dalam mencegah virus ini. dr Yuri mengatakan kenyataan dilapangan tidak masker jenis ini tidak efektif digunakan untuk pencegahan

"Kenapa? Karena menggunakannya juga tidak full. Digantung, tutup mulutnya saja tapi hidupnya nggak, atau tidak fixing pada anak kecil bawahnya bolong (berongga)," ucap dr Yuri.

Lalu masker jenis apa yang efektif untuk mencegah penularan virus corona? Selengkapnya tentang pencegahan virus corona nCoV di Indonesia bisa disimak dalam program Blak-blakan di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)