Rabu, 29 Jan 2020 13:54 WIB

Wuhan Jiayou! Viral Seruan Warga Terisolasi yang Bikin Merinding

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Media nasional China melaporkan sedikitnya 51 pasien virus corona telah dinyatakan sembuh. Hal itu membuat Wuhan perlahan bangkit. Lewat seruan 'Wuhan Jiayou!', warga Wuhan kompak saling menyemangati (Foto: Stringer/Getty Images)
Jakarta -

Warga kota Wuhan, China tengah terisolasi di tanah mereka sendiri. Wabah virus corona yang mendunia membuat kota ini ditutup, akses warga sangat dibatasi.

Di tangah situasi mencekam, sejumlah video viral di media sosial menunjukkan kekompakan warga untuk saling menyemangati. Seruan 'Wujhan Jiayou!' menggelora di antar belantara gedung bertingkat, memecah keheningan malam.

Saling sahut, warga meneriakkan dua kata yang bermakna memberikan semangat. Psikolog Psikolog Ratih Zulhaqqi, MPsi, dari RaQQi - Human Development & Learning Centre menyebutnya sebagai social support.

[Gambas:Video 20detik]



"Mungkin juga meningkatkan motivasi untuk terus berpikir positif bahwa senegatif apapun kondisinya, percaya saja kalau hidup dan mati itu ada di tangan Tuhan," kata Ratih, Selasa (29/1/2020).

Hingga kini, infeksi virus corona memang belum ada obatnya meski beberapa pasien dilaporkan sembuh dari sakitnya. Fokus menjaga dan memperbaiki daya tahan tubuh dalam situasi tersebut merupakan pilihan yang bijak dibanding selalu berpikir negatif dan saling menyalahkan.

"Nah dengan adanya saling menyemangati itu, mereka jadi saling mengingatkan satu sama lain," jelas Ratih.



Simak Video "Viral Video Teriakan 'Wuhan Jiayou' yang Bikin Haru"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)