Rabu, 29 Jan 2020 14:15 WIB

Mengenali Gejala Virus Corona yang Telah Renggut Nyawa 132 Orang

Niken Widya Yunita - detikHealth
Blood sample with respiratory coronavirus positive Foto: iStock/Mengenali Gejala Virus Corona yang Telah Renggut Nyawa 132 Orang
Jakarta -

Semua orang di dunia mengantisipasi virus corona yang sudah mematikan 132 orang ini. Mengenali gejala virus corona merupakan salah satu langkah antisipasi yang tepat.

Virus corona adalah kelompok besar virus yang umum ditemukan pada hewan dan bersifat zoonotik. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus tidak hanya menyebar antar hewan. Artinya, virus corona atau corona virus bisa menyebar dari hewan ke manusia.

Dalam kasus penularan antar manusia, biasanya terjadi saat kontak langsung dengan cairan pasien. Misal terkena cipratan liur saat bersin atau batuk. Penularan juga bisa berasal dari menyentuh langsung pasien. Bagian tubuh yang terpapar langsung kemudian digunakan untuk menyentuh mulut, hidung, dan mata.


Lalu bagaimana gejala virus corona?


Menurut Menkes dr Terawan Agus Putranto, gejala virus corona pertama, batuk. Meski demikian, masyarakat tidak terburu-buru mengklaim seseorang terkena virus tersebut hanya karena batuk. Karena itu, gejala kedua yakni demam. Seseorang yang terkena virus corona harus disertai demam.

Selanjutnya
Halaman
1 2