Rabu, 29 Jan 2020 15:08 WIB

Alasan Tak Perlu Tolak WN China untuk Cegah Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Turis China Berburu Masker Turis asal China berburu masker untuk menangkal Virus Corona Foto: (AP)
Jakarta -

Di media sosial banyak netizen meminta pemerintah untuk sementara menolak kedatangan warga China ke Indonesia karena khawatir penularan virus corona (2019-nCoV). Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, dr Achmad Yurianto, meyakinkan virus bisa dicegah tanpa harus ada penolakan.

dr Yuri menjelaskan hal ini karena sudah ada beberapa langkah antisipasi yang dilakukan dunia internasional termasuk Indonesia. Pemerintah China sendiri sudah menutup kota Wuhan dan memastikan warga yang bepergian betul-betul sehat.

"Wuhan ditutup. Artinya siapa pun yang datang ke Indonesia pasti bukan dari Wuhan kan," kata dr Yuri dalam program Blak-blakan detikcom.

"Kemudian begitu datang juga kita melakukan skrining lagi. Artinya mereka sehat. Ini suatu ketakutan yang menurut saya berlebihan," lanjutnya.

Hingga kemarin petang jumlah korban tewas karena virus corona dilaporkan mencapai 106 orang dari 4.515 kasus di China. Sementara sebaran virus ini terdeteksi sudah menjangkau 16 negara.

Khusus di Indonesia, menurut Yurianto, dari sejumlah pasien yang sebelumnya dicurigai terinfeksi Novel Virus Corona ternyata hasilnya negatif. Masyarakat diimbau tak panik namun tetap kewaspadaan semua komponen harus dijaga.

Selengkapnya, obrolan dengan dr Yurianto bisa disimak dalam program Blak-blakan berikut:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Blak-blakan Kemenkes: Corona Lebih Jinak dari SARS & MERS"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)