Rabu, 29 Jan 2020 18:37 WIB

Tips Merawat Hewan Peliharaan Agar Tak Tularkan Virus Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Petugas tengah memasangkan microchip kepada seekor anjing di stand DKPKP Pemprov DKI Jakarta saat berlangsungnya Jakarta Indonesia Pet Show (JIPS) 2019 di JIExpo, Jakarta, Jumat (22/2/2019). Selain pemsangan microcip, distand DKPKP Pemproc DKI Jakarta ini juga pengunjung dapat mendapatkan vaksinasi rabies secara gratis. Hewan juga harus dirawat agar tidak menularkan penyakit zoonosis (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Diketahui virus corona diduga berasal dari hewan, dan tak sedikit juga orang yang memelihara hewan di rumahnya. Bagaimana cara mencegah hewan peliharaan agar tidak menularkan virus corona?

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Achmad Yurianto mengatakan sebelum memutuskan untuk memelihara hewan, maka perlu berkomitmen untuk merawatnya dengan baik.

"Rutin divaksin, rutin diperiksakan, karena ditakutkan ada beberapa kuman, bakteri, virus yang sebenarnya normal di dia tapi bisa menyebabkan sakit di kita. Itu bukan berarti totally kemudian kita hindari, itu nggak," kata dr Yuri.

dr Yuri pun menegaskan pentingnya menjaga kebersihan tak hanya pada hewan peliharaan, tetapi juga pada diri kita sendiri.

"Pegang kucing, silahkan tapi habis itu cuci tangan kalau mau makan pakai sabun," ucap dr Yuri.

Selengkapnya tentang pencegahan virus corona nCoV di Indonesia bisa disimak dalam program Blak-blakan di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)