Rabu, 29 Jan 2020 22:30 WIB

Lebih Sehat Tidur Telentang, Miring, atau Tengkurap? Begini Urutannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Cork, Ireland Posisi tidurmu bisa mempengaruhi kesehatanmu. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Apabila waktu tidur bukan lagi jadi masalah buatmu, posisi tidur kini juga bisa menjadi salah satu yang mempengaruhi kesehatanmu. Bagaimana posisi kita tidur menentukan kesehatan kita di keesokan paginya.

Bermacam-macam posisi tidur, seperti telentang, menyamping, meringkuk, dan tengkurap masing-masing memiliki manfaat dan juga dampak buruknya masing-masing bagi kesehatan. Dikutip dari Health, berikut adalah posisi tidur dari yang paling menyehatkan hingga yang paling buruk:


1. Telentang

Tidur telentang baik untuk mencegah nyeri leher dan punggung karena keduanya ada dalam posisi netral, mengurangi refluks asam, meminimalisir keriput, dan juga menjaga kekencangan payudara. Akan tetapi jika kamu ingin tidur telentang, pertimbangkan kemungkinan kamu mendengkur dan umumnya jadi lebih parah dalam posisi ini. Bantal yang baik untuk kamu yang lebih memilih posisi tidur terbaik ini adalah bantal yang empuk untuk menjaga kepala dan leher tetap tersokong dengan baik tanpa terlalu menaikkan kepala.

2. Menyamping

Tidur menyamping adalah posisi tidur terbaik kedua, yang bisa membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tidur menyamping bisa mengurangi kemungkinan kamu mendengkur, mencegah nyeri leher dan punggung, mengurngi refluks asam. Posisi ini juga baik bagi para ibu hamil. Namun yang perlu diperhatikan adalah, tidur menyamping bisa membuatmu cepat keriput di satu sisi wajah. Bagi wanita, posisi tidur ini juga bisa berakibat payudara melorot, karena menyamping membuat salah satu payudara menggantung dan meregangkan ligamennya.

3. Fetal atau meringkuk

Posisi fetal atau meringkuk seperti bayi bukan posisi tidur yang cukup ideal, namun posisi ini pas dilakukan apabila kamu sedang hamil dan tidak ingin berisiko mendengkur. Mengapa tidak ideal? Posisi meringkuk semalaman tentu membuat punggung dan sendimu akan merasa nyeri di keesokan paginya. Selain itu juga membatasi proses pernapasan diafragma, meningkatkan risiko wajahmu berkeriput dan payudara melorot. Jika memang kamu lebih menyukai posisi ini, pastikan punggungmu tidak terlalu melengkung dan dalam posisi tegak.

4. Tengkurap

Tengkurap menjadi posisi yang paling buruk untuk tidur karena sulit membuat tulang punggungmu sejajar. Sehingga memberikan tekanan pada sendi dan otot yang nantinya bisa mengiritasi saraf dan menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan. Hal ini juga disebabkan kamu menaruh kepala di salah satu sisi dalam waktu yang lama. Namun tengkurap baik untuk mengurangi kemungkinan mendengkur karena pernapasan bagian atas terbuka.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)