Rabu, 29 Jan 2020 20:11 WIB

Hebatnya Indonesia, Masih Bebas Virus Corona Meski Banyak Negara Sudah Kena

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sejumlah warga ramai-ramai menggunakan masker di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Hal itu dilakukan untuk antisipasi virus corona. Hingga kini belum ada kasus infeksi virus corona yang terkonfirmasi positif di Indonesia. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Wabah virus corona 2019-nCoV memang sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk ke negara tetangga Singapura dan Malaysia. Namun, Indonesia dan juga Filipina sampai saat ini masih 'steril' dari virus tersebut. Belum ada kasus yang terkonfirmasi positif sejauh ini.

"Kamu harus bangga sama masyarakat Indonesia itu hebat-hebat," jelas Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso, dr Mohammad Syahril, SpP, MPH, pada Rabu (29/1/2020).

Sementara itu, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr Bambang Wibowo, SpOG(K), MARS, berpendapat hal ini juga dipengaruhi pola hidup sehat serta doa.

"Makanya kita doa itu penting, menjaga perilaku hidup sehat, kemudian doa lagi. Kalau ada apa-apa segera periksa, dan jangan percaya sama informasi yang tidak benar," ucap dr Bambang.

Peta persebaran virus corona. Belum tampak satupun titik merah di wilayah Indonesia.Peta persebaran virus corona. Belum tampak satupun titik merah di wilayah Indonesia. Foto: tangkapan layar

Wakil Ketua DPR Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena juga mengakui penanganan dan pencegahan virus corona di Indonesia sudah jauh lebih baik dari wabah penyakit sebelumnya.

"Di semua titik masuk negeri ini, itu dalam pengendalian Kemenkes dan pihak yang terkait. Keluar masuk Wuhan pun sudah dikontrol," katanya.

"Dukungan dari pihak TNI juga sudah sangat membantu. Saya kira ini penanganannya kali ini jauh lebih baik dari SARS (Severe Acute Respiratory Syndrom) dan sebagainya," lanjutnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)