Rabu, 29 Jan 2020 21:09 WIB

Pulang dari China, Mahasiswa asal Brebes Dicek Kesehatannya

Imam Suripto - detikHealth
mahasiswa diperiksa sepulang dari china untuk mengantisipasi virus corona Azka menjalani pemeriksaan sepulang dari China (Foto: Imam Suripto/detikHealth)
Brebes -

Seorang mahasiswa asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dicek kesehatannya setelah pulang dari China. Pengecekan kesehatan ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Brebes.

Pengecekan kesehatan terhadap mahasiswa, Muhammad Isy Azka (22) dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Jatibarang pada Rabu (29/1/2020) siang. Dua petugas medis ini mendatangi rumah Azka di komplek Pasar Jatibarang.

Kepala Puskesmas Jatibarang, dr Apriono mengatakan, pemeriksaan terhadap Azka sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona di Brebes. Mengingat Azka adalah mahasiswa asal Brebes yang baru pulang dari negeri China.

"Sebagai antisipasi saja, jangan sampai ada penyebaran virus corona di Brebes. Karena yang bersangkutan baru pulang dari China yang sedang terkena serangan virus corona," ujar Apriono.

Pemeriksaan terhadap Azka dilakukan dengan pengecekan suhu tubuh dan wawancara secara langsung terkait aktivitas selama di China. Dari hasil pemeriksaan suhu tubuh diketahui suhu badan Azka dalam kondisi normal yakni 36,4 derajat celcius.

"Dilihat dari pemeriksaan fisik yakni suhu tubuh, kondisi Azka tidak terpengaruh virus corona. Suhunya normal, 36,4 derajat celcius. Sementara kalau yang terpapar virus suhunya akan naik," jelas dokter.

Sementara dari hasil wawancara, diperoleh keterangan bahwa Azka tidak berada di daerah endemis virus. Kepada petugas Azka mengaku tidak pernah melakukan kontak fisik dengan penderita.

"Saya kira aman. Apalagi Azka pulang pada 20 Januari lalu sebelum penyebaran virus ini meluas. Dia sudah sampai di Jakarta saat bandara belum ditutup," terusnya.

Azka merupakan mahasiswa Fuzhou University semester empat. Dia kuliah di fakultas International Economic atas beasiswa pemerintah China.

"Sebenarnya mau jalan jalan di China selama liburan winter ini. Tapi dari orang tua meminta supaya pulang ke Brebes," tutur Azka.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)