Kamis, 30 Jan 2020 07:04 WIB

Round Up

Kebiasaan Menggigit Kuku Membuat Pria Ini Nyaris Kehilangan Nyawa

Frieda Isyana Putri - detikHealth
ilustrasi operasi Sesak napas dianggap sampah ketika tukang sampahnya (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Kebiasaan menggigit kuku mungkin terdengar tak membahayakan. Namun tidak pada pria ini, setelah tak sengaja melukai salah satu jari kirinya saat ia menggigitnya, yang jadi kebiasaannya, sampai membuatnya nyaris meregang nyawa.

Jari Steven Macdonald (48) terluka dan mengeluarkan cukup banyak darah. Setelah mengobatinya, luka itu justru membengkak dan mengeluarkan nanah. Steven langsung membawanya ke rumah sakit dan didiagnosis paronychia.

Dikutip dari Daily Mail, paronychia merupakan infeksi bakteri yang mengenai kulit di sekitar kuku jari. Paronychia yang diidap Steven diketahui telah menyebar ke aliran darahnya.

"Pada awalnya kami tak terlalu khawatir karena menurut kami itu hanya bengkak di lokasi ia menggigit kukunya, tapi malah jadi memburuk dan ia menunjukkan ada ruam, aku mulai panik. Aku tahu hal tersebut cukup serius jadi aku segera membawanya ke rumah sakit terdekat," kata Karen Peat (47), tunangannya.

Para dokter menyebut apabila mereka membiarkannya beberapa jam lebih lama bisa saja Steven meninggal dunia. Karen mengingatkan Steven untuk tidak pernah lagi menggigiti kukunya.

Setelah dioperasi selama 2 jam, Steven dinyatakan dalam observasi selama 4 hari. Ia mengaku kejadian ini mengajarinya bahwa untuk menghilangkan kebiasaan menggigit kukunya.

"Aku sempat tergoda beberapa kali sejak operasi, karena sudah jadi kebiasaanku cukup lama, tapi aku menegaskan pada diriku untuk tidak melakukannya. Aneh memang aku tak lagi menggigiti kuku, dan mereka justru tumbuh lebih cepat," tandasnya.



Simak Video "Eits! Ini Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)