Kamis, 30 Jan 2020 08:00 WIB

Kata Dokter Mata Soal Anggapan Sering Main Ponsel Bisa Bikin Mata Buta

Firdaus Anwar - detikHealth
Relaxed Woman at Home Reading a Text Message Main ponsel bisa menyebabkan mata lelah dan kering. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Kerap beredar kabar main ponsel disebut-sebut berbahaya bagi kesehatan mata bahkan bisa sampai menimbulkan kebutaan. Beberapa mengaitkannya pada paparan sinar dari layar yang tinggi merusak lapisan mata.

Menanggapi hal tersebut dr Nina Asrini Noor, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) menjelaskan itu tidak sepenuhnya benar. Apa yang biasanya terjadi saat seseorang terlalu lama main ponsel adalah mata menjadi kering atau lelah.

Mata kering terjadi karena aktivitas visual yang tinggi membuat kita jarang berkedip. Sementara mata lelah terjadi akibat kontras cahaya dari layar.


"Ada banyak kondisi mata yang bisa berhubungan dengan kebutaan. Tapi untuk aktivitas dengan gadget sebenarnya hubungannya tidak langsung," kata dr Nina saat ditemui pada hari Rabu (29/1/2020).

"Misalnya keluhan awal itu betul-betul sangat diabaikan sehingga mulai terjadi kerusakan pada permukaan mata, misal sampai infeksi, baru bisa berakibat lebih buruk," lanjutnya.

Oleh karena itu menurut dr Nina kecil kemungkinan bermain gadget bisa menjadi penyebab kebutaan seseorang.



Simak Video "Mata Kering Harus Pakai Obat Tetes? Begini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)