Kamis, 30 Jan 2020 10:30 WIB

Jack Ma Donasi Rp 190 M untuk Pengembangan Vaksin Virus Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jack Ma Jack Ma donasikan Rp 190 M untuk vaksin virus corona. Foto: Reuters
Jakarta -

Jack Ma, founder marketplace Alibaba sekaligus pria terkaya di China telah mendonasikan 100 juta yuan atau sekitar Rp 190 miliar melalui yayasannya untuk membantu para ilmuwan mengembangkan dan menemukan vaksin virus corona yang telah mengguncang seluruh dunia hingga menewaskan sedikitnya 133 orang.

Sebelumnya, Jack Ma juga telah mengalokasikan 40 juta yuan (Rp 78 miliar) untuk dua organisasi penelitian pemerintah China. Sisa dana tersebut akan digunakan untuk mendukung langkah-langkah pencegahan dan perawatan virus corona.

Mengutip CNN, donasi tersebut diumumkan oleh Alibaba pada Sabtu (24/1) lalu dan menyebut pihaknya sedang menyiapkan dana untuk membeli pasokan medis bagi provinsi Wuhan dan Hubei, dua kota yang menjadi pusat penyebaran virus.


Perusahaan tersebut juga menawarkan kekuatan komputasi Artificial Intelegence (AI) secara gratis untuk peneliti dalam usaha mendukung pencarian vaksin.

Para ilmuwan di Amerika Serikat dan China serta beberapa negara lain telah bekerja keras untuk menemukan vaksin virus corona. Namun menurut dr Anthony Fauci, Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, dibutuhkan waktu kurang lebih setahun sampai vaksin tersedia.

"Kami sudah mulai di National Institutes of Health dengan banyak kolaborator untuk mempercepat pengembangan vaksin," tutur Fauci.

Proses ini akan memakan waktu tiga bulan untuk memulai percobaan pertama, tiga bulan lagi untuk mengumpulkan data, sebelum dapat pindah ke fase kedua.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)