Kamis, 30 Jan 2020 14:03 WIB

Ganti Warna Mata Pakai Filter TikTok Bisa Bikin Buta? Ini Kata Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
tiktok Benarkah tren ganti warna mata di TikTok bisa menyebabkan kebutaan? (Foto: iStock)
Jakarta -

Di antara pengguna TikTok dilaporkan muncul tren 'mengubah' warna mata. Caranya cukup dengan mendekatkan kamera dengan flash yang menyala ke arah wajah lalu terapkan filter S5.

Beberapa pengguna TikTok mengklaim trik ini bisa membuat mata yang tadinya berwarna coklat menjadi biru. Namun demikian ada juga pengguna yang mengaku tak berhasil malah jadi tak bisa melihat alias buta akibat flash yang terlalu dekat ke mata.

Terkait hal tersebut, spesialis mata dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) @Cinere menjelaskan apa yang terjadi kemungkinan bukan buta dalam arti tak bisa melihat permanen.

"Saya rasa prinsipnya sama seperti kayak kita lihat blitz. Kalau terlalu terang, maka kita akan seperti buta sesaat namun akan kembali normal," ujar dr Zeiras pada detikcom dan ditulis Kamis (30/1/2020).

"Apabila intensitas cahaya terlalu tinggi memang bisa berbahaya. Tapi rasanya yang di TikTok tidak menggunakan intensitas berlebihan," lanjutnya.

American Academy of Ophthalmology (AAO) dalam situs resminya menegaskan bahwa kekuatan cahaya flash yang standar aman bagi mata.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)