Kamis, 30 Jan 2020 18:41 WIB

Minum Jahe Merah Rutin, Bisa Hindari Virus Corona?

Mustiana Lestari - detikHealth
Pengawasan penumpang pesawat dari China melalui Bandara Soekarno-Hatta diperketat. Ini menyusul adanya virus Corona yang bermula dari Kota Wuhan, China. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Virus Corona belakangan menghantui berbagai belahan dunia. Betapa tidak, virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan, China ini sudah menewaskan 170 orang dan menyebar ke 18 negara.

Diketahui virus dengan nama nCoV ini memang membuat penderitanya kesulitan bernapas sehingga memerlukan perawatan intensif. Seseorang yang diduga terinfeksi biasanya mengalami gejala seperti demam, batuk, hingga gangguan pernapasan. Namun biasanya seseorang akan sangat dicurigai terjangkit virus ini jika baru bepergian dari China, khususnya Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Orang tua dan anak-anak juga merupakan orang yang sangat rentan terkena karena daya tubuh mereka yang lemah. Sampai saat ini belum ada vaksin yang tepat untuk mengobati virus yang diduga berasal dari hewan ini. Oleh karena itu, alangkah lebih baik melakukan pencegahan.

Salah satu cara pencegahan yang mudah dan aman adalah dengan memanfaatkan jahe merah. Kenapa jahe merah? Sebab jahe merah mempunyai kandungan gingerol dan shogaol yang memiliki efek antioksidan sehingga bermanfaat melawan stres oksidasi. Zat tersebut diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membunuh bakteri atau virus berbahaya dalam tubuh sehingga bantu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit.


Kebiasaan lainnya juga efektif mencegah masuknya virus corona ke tubuh, seperti rajin mencuci tangan. Ada baiknya menggunakan hand rub berbahan dasar alkohol dan dengan sabun selama 20 detik.Menurut penelitian dari Dugasani di tahun 2010 dalam Comparative antioxidant and anti-inflammatory effects of gingerol dan shogaol disebutkan kandungan gingerol dan shogaol dalam jahe merah terbukti memiliki efek antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Antioksidan dari jahe merah ini mampu membantu menguatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi oleh bakteri dan/atau virus.

Minum Jahe Merah Rutin, Bisa Hindari Virus Corona?Foto: Bejo Jahe Merah

Nah, sudah tahu kan faktor sederhana dan alami namun penting untuk mencegah datangnya virus corona. Pastinya, konsumsi jahe merah untuk menjaga daya tahan tubuh agar sehat selalu.Jangan lupa tutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin. Jika tidak menggunakan masker bisa dengan siku atau tisu. Segera buang tisu yang kamu pakai tersebut ya. Selanjutnya, hindari kontak langsung dengan hewan. Bahkan kamu jangan mengonsumsi daging dan ikan mentah dahulu ya. Terakhir, istirahat dan olahraga serta jangan lupa makan makanan bergizi agar tubuh makin prima.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)