Kamis, 30 Jan 2020 19:04 WIB

Ini Camilan Sehat yang Pas Disantap Saat Minum Kopi

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Ngopi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Belakangan ini musim hujan tengah mengguyur wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, untuk menghangatkan badan dan meningkatkan mood, kopi pun bisa jadi alternatifnya. Terlebih, Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia.

Nah, sambil minum kopi di kala hujan, beberapa orang mungkin tidak ambil pusing memilih camilan atau makanan ringan sebagai pendampingnya. Ada yang ngopi sambil mengudap gorengan, kacang, mie rebus, bahkan nasi padang.

Kira-kira apa saja makanan ringan yang cocok untuk pendamping kopi ya?

Sponge Cake

Meskipun termasuk golongan kue, tapi tekstur camilan satu ini lebih ringan dan lembut saat dinikmati. Pastinya sangat cocok untuk menemani kegalauan di pagi hari. Apalagi dipadukan dengan kopi hitam, rasanya akan lebih meresap.

Kentang Goreng

Siapa yang tak mengenal camilan satu ini, di setiap rumah makan cepat saji pasti akan selalu ada tersaji. Bisa dibilang camilan satu ini soulmate kopi versi orang Indonesia. Rasa gurihnya sangat nikmat dipadukan dengan kopi hangat atau dingin.

Kacang

Meski ada berbagai jenis, dari rebus, panggang, hingga goreng, camilan ini selalu menemani waktu senggang terbaik saat pagi siang ataupun malam. Selain menyenangkan ngopi sambil ngemil kacang juga membuat suasana lebih hangat.

Namun demikian, kedua camilan tersebut belum tentu baik untuk kesehatan karena kandungannya yang bisa menyebabkan kalori bertambah atau gula darah naik. Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan camilan yang baik tentunya harus bisa mengontrol gula darah lebih stabil tidak langsung naik.

"Contoh makanan yang bagus untuk camilannya adalah berbahan gandum atau berisi multigrains, gabungan dari beberapa biji seperti oat, barley, gandum, jagung, kacang yang biasanya digabungkan dalam satu kombinasi makanan selingan," ujarnya kepada detikHealth baru-baru ini.

Selain memberikan rasa kenyang yang lebih lama tentu akan memberikan manfaat seperti serat tinggi dan dapat mengontrol gula darah tidak langsung meningkat tajam ketika di konsumsi

Kombinasi grains tersebut terdapat dalam camilan sehat seperti Fitbar dengan kalori terukur. Camilan Fitbar yang terbuat dari multigrain, gabungan oat Australia, quinoa, dan gandum utuh yang praktis dan menyehatkan. Fitbar terdiri dari tiga varian rasa, yakni Chocolate Fitbar, Fruits Fitbar, dan Nuts Fitbar.

Di samping kandungan serat yang tinggi sekarang ini Fitbar juga ada rasa baru Tiramisu dengan biji kopi asli yang cocok buat kamu baik pecinta kopi maupun yang tidak bisa minum kopi.

(prf/up)