Kamis, 30 Jan 2020 20:12 WIB

Kedinginan Bikin Sulit Tidur? 4 Tips Ini Bisa Membantu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Side view portrait of a insomniac girl unable to sleep in the night on a bed Suhu yang terlalu dingin bisa mengganggu tidur. (Foto: iStock)
Jakarta -

Malam hari dan terasa kedinginan sehingga sulit tidur? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat tubuh tetap hangat selain meringkuk di balik selimut.

Dikutip dari Mirror, mandi air hangat, memakai kaos kaki hingga menghindari alkohol bisa menjadi pilihan untuk membuatmu cepat tertidur dan mengusir hawa dingin. Selengkapnya berikut ini:

1. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat sebelum tidur bisa memberikan efek relaksasi baik pada fisik maupun mental, dan tentu saja membuat tidur nyenyak. Hal ini disebabkan suhu tubuh kita secara alamiah menurun di malam hari saat tubuh bersiap untuk beristirahat, biasanya terjadi dua jam sebelum tidur. Dengan mandi air hangat, suhu tubuh kita akan naik dan penurunan suhu usai mandi akan membantumu cepat tertidur.

2. Pakai kaos kaki

Menggunakan kaos kaki saat tidur sangat baik untuk menjaga tubuh agar tak kedinginan, terutama jika kamu menggunakan kaos kaki berbahan wol. Kaos kaki berbahan wol bisa membantu kita tetap hangat semalaman karena menjadi insulator yang baik dan menjaga panas. Lebih baiknya lagi, wol memiliki bahan anti bakteri yang membuat kakimu jauh-jauh dari bau.

3. Perbanyak gerak

Cuaca dingin memang membuat kita jadi malas-malasan, namun perbanyak gerak justru sangat bagus. Berolahraga di sore hari bisa mendorong sirkulasi dan suhu tubuh. Namun hindari berolahraga beberapa jam sebelum tidur karena adrenalin yang masih terpompa bisa membuatmu sulit tidur.

4. Hindari alkohol

Meminum alkohol mungkin terdengar tepat untuk menghangatkan tubuh saat malam hari yang menggigit. Tapi justru alkohol bisa membuat suhu tubuh menurun, yang disebabkan pelebaran pembuluh darah yang menarik darah dan panas menjauh dari inti tubuhmu. Selain itu, meminum alkohol sebelum tidur bisa mengganggu tahap REM tidur yang akan membuatmu terbangun beberapa kali di malam hari.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)