Jumat, 31 Jan 2020 07:35 WIB

Hadapi Virus Corona, Eks Menkes RI: Ya Jangan Santai Lah!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Komite III DPD menggelar rapat dengan Menkes Nila Moeloek di Senayan. DPD meminta kejelasan Menkes mengenai pelayanan rumah sakit. Mantan Menteri Kesehatan RI, Prof Dr dr Nila Djuwita Moeloek, SpMK (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sempat berpesan untuk tidak panik menghadapi virus corona dari Wuhan (2019-nCoV). Pesan tersebut disampaikannya saat menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu.

"Dari 1,4 miliar penduduk sana ya paling 2 ribuan (yang terkena virus corona). (Sebanyak) 2 ribu dari 1,4 miliar itu kan kayak apa. Karena itu pencegahannya jangan panik, jangan resah. Enjoy saja, makan yang cukup," pesan Menkes Terawan.

Sikap berbeda ditunjukkan oleh pendahulunya, Prof Dr dr Nila Djuwita Moeloek, SpMK, mantan menteri kesehatan yang menjabat periode 2014-2019. Menurutnya, ancaman virus corona 2019-nCoV tidak bisa disikapi dengan santai-santai.

"Iya jangan santai lah, artinya kita mawas diri, artinya kita jaga, dari kebersihan, dari betul itu, cuci tangan itu benar, jadi kita mengajak semua, ayok kita jaga kebersihan," jelasnya saat ditemui detikcom di Tugu Kunstkring Paleis, Menteng, Kamis (30/1/2020).

Prof Nila kembali menegaskan menjaga kebersihan adalah hal utama dalam mencegah diri dari kemungkinan terkena virus.

"Memang ternyata kalau kita lihat kebersihan itu nomor satu, karena kami pernah simulasi waktu flu burung tuh kalau jarak kandangnya cukup jauh, kandangnya dibersihkan, kemudian salurannya sampai ke rumah itu saluran gotnya itu kita jaga, dapurnya juga dijaga, jadi kebersihan ya," jelas Prof Nila.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)