Jumat, 31 Jan 2020 13:37 WIB

Bisa Cegah Virus Corona, Ini Langkah yang Benar Mencuci Tangan

Nurcholis Maarif - detikHealth
Cuci Tangan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Wabah Virus Corona bisa diantisipasi dengan melakukan beberapa langkah pencegahan. Salah satunya dengan mencuci tangan yang baik dan benar.

CSR Direktor PT RB Indonesia dr Helena Rahayu W. menjelaskan masih banyak masyarakat belum terbiasa mencuci tangan padahal selama beraktivitas rentan terhadap paparan virus penyebab penyakit. Lalu ada juga yang sudah mencuci tangan tetapi tidak bersih. Misalnya hanya mencuci tangan tanpa pakai sabun, mencuci tangan pakai sabun yang tidak mengandung antiseptic, dan sekadar mencuci tangan selama 1 detik.

"Ada 4 hal yang ingin kita edukasi selain cuci tangan pakai sabun, kita juga ingin edukasi cuci tangan secara rutin. Apalagi masyarakat sering memegang fasilitas publik, seperti toilet, itu harus mencuci tangan. Nggak sekadar 1 detik, bahkan Kemenkes menyarankan itu 20 detik," ucap dr Helena di PB IDI Pusat, Jumat (31/1/2020).

dr Helena menjelaskan 5 langkah mencuci tangan yang benar. Pertama, membasahi tangan di air yang mengalir selama 20 detik, bukan di air yang tidak mengalir seperti di baskom.

"Lalu pakai sabun, gosok di telapak tangan lalu punggungnya dan di sela-sela jari. (Ketiga) kukunya juga harus dibersihkan, kiri dan kanan. (Keempat) lalu bilas dengan air yang mengalir lagi," ujar dr Helena.

Terakhir, kata dr Helena, tangan harus dikeringkan menggunakan tisu atau handuk. Ia juga menekankan sabun dipakai harus mengandung antiseptic, tidak sekadar mengandung wangi-wangian.

"Bisa dilihat di kemasannya ada kandungan antiseptic atau tidak. Kalaupun nggak ada air yang mengalir, alternatifnya pakai hand sanitizer atau tisu basah tapi yang mengandung antiseptic," ujarnya.

Pada acara yang sama, PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan PT Reckitt Benckiser (RB) Indonesia selaku produsen Dettol bekerja sama untuk mengedukasi masyarakat di beberapa titik cara mencuci tangan yang benar.

Bisa Cegah Virus Corona, Ini Langkah yang Benar Mencuci TanganFoto: Nurcholis Maarif/detikcom

"Kita sudah lama kerja sama dengan IDI dalam edukasi mencuci tangan, tidak hanya sekarang lagi ramai Virus Corona. Bersama IDI, kita akan menyediakan masker dan sabun cuci tangan di titik-titik strategi seperti bandara, sekolah, posko siaga IDI, dan lainnya," pungkas dr Helena.

(prf/ega)