Jumat, 31 Jan 2020 15:57 WIB

Jangan Sembarangan! Ketahui Nutrisi Sebelum Pilih Susu Formula Anak

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Susu Foto: shutterstock
Jakarta -

Setiap orang tua pasti ingin anak nya tumbuh dengan sehat, karenanya susu formula kerap kali diberikan saat masa pertumbuhannya. Namun, sembarangan dalam memilih susu formula bagi si kecil ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan lho.

Apalagi jika si kecil alergi protein susu sapi, bila terus dikonsumsi akan berisiko terhadap pertumbuhannya kelak sehingga tidak optimal. Oleh karena itu, salah satu cara yang tepat adalah mengenali terlebih dahulu nutrisi yang diperlukan.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan setiap anak dengan usia yang berbeda tentunya berbeda pula kebutuhan nutrisinya. Misal untuk anak umur 4-6 tahun dengan berat 12 kg dan tinggi 90 cm, kebutuhan energi sekitar 1750 Kkal, Protein 32 gram dan Vitamin A 460.

"Itu angka kecukupan gizi pada anak. Jadi yang perlu diperhatikan adalah energi, protein dan lemak essential nya karena ini yang membuat pertumbuhan dan perkembangan optimal pada si kecil," ujarnya kepada detikHealth baru-baru ini.

"Sementara sumber kalorinya ada tiga yaitu karbohidrat protein dan lemak, sedangkan protein usahakan protein hewani seperti susu dan ikan. Adapun untuk lemak pilihlah lemak esensial seperti omega 3 dan 6," imbuhnya.

dr Muliaman juga menuturkan dalam memilih susu formula untuk anak yang tidak alergi tentulah susu sapi adalah yang yang menjadi pengganti utama dibandingkan susu kambing dan lain-lain. Namun, tetap harus memilih susu berdasarkan usianya.

Namun jika anak yang alergi susu sapi, artinya ia tidak bisa mencerna protein susu sapi. Maka harus dipilihkan susu pengganti pada anak tersebut. Menurutnya, saat ini susu yang direkomendasikan adalah pemberian asam amino.

Tapi karena alasan mahal dan susah dicari maka isolat protein kedelai adalah pilihan selanjutnya bukan susu kambing, susu kuda atau susu yang lain yang belum teruji secara klinis.

"Saat ini teknologi susu kedelai sudah semakin maju karena bukan susu kedelai biasa yang masih akan terjadi alergi tapi isolat protein kedelai dengan penambahan asam amino dan pemberian nutrisi lain seperti nutrisi untuk otak AA DHA fosfolipid, kolin," jelasnya.

Karenanya, bagi anak yang alergi susu sapi, bunda bisa memilih susu alternatif seperti susu Morinaga Soya, yang juga mengandung probiotik bifidobacterium dan nutrisi lain yang tak kalah lengkap dibandingkan susu formula berbasis susu sapi. Jadi Anak alergi tetap cerdas dan tumbuh optimal seperti anak yang lain.



Simak Video "Usai Itaewon, E-Commerce di Bucheon Jadi Klaster Corona Baru Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)