Jumat, 31 Jan 2020 16:13 WIB

Penasaran? Begini Cara China Bangun RS Virus Corona dalam Waktu 10 Hari

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Proses pembangunan rumah sakit khusus pasien virus corona di Wuhan terus berlangsung. Rumah sakit itu ditargetkan dapat segera beroperasi di awal bulan Februari Pembangunan RS khusus virus corona di China. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Rumah sakit khusus virus corona di China resmi akan beroperasi pada 3 Februari mendatang. Bagaimana China bisa membangun rumah sakit hanya dalam waktu 10 hari?

Dikutip dari Foxnews, dikatakan oleh pemerintah China bahwa rancangan modelnya akan serupa dengan rumah sakit yang dibangun di Beijing selama wabah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) 2002-2003. Rumah sakit ini akan menyediakan sekitar 1.000 tempat tidur untuk pasien virus corona.

Lebih dari 100 pekerja diturunkan untuk membangun rumah sakit ini. Penggunaan struktur prefabrikasi atau komponen rakitan dari pabrik, dapat memotong waktu pengerjaan agar lebih cepat.

"Yang berbeda dari struktur ini adalah bahwa rancangannya menggunakan kotak baja struktural, yang memungkinkan mereka untuk ditumpuk satu sama lain," kata Grant Geiger, CEO EIR Healthcare.

Geiger pun menjelaskan situasi darurat menjadi faktor pembangunan rumah sakit ini begitu cepat. Sebab pembangunan rumah sakit rawat inap tradisional umumnya membutuhkan waktu dua tahun lebih untuk mendapatkan izin dari pemerintah.

"Dalam situasi tanggap darurat, menyediakan perawatan klinis adalah yang terpenting," ucap Geiger.

Menurutnya rumah sakit khusus virus corona ini akan dilengkapi dengan sistem mekanik, listrik dan pipa ledeng khusus untuk menjaga pasien dan pekerja terlindungi dari kontaminasi. Tak hanya itu, sistem penyaringan udaranya pun sudah dirancang secara khusus sebelum fasilitas rumah sakit itu dibangun.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)