Jumat, 31 Jan 2020 17:05 WIB

Soal Hoax Bawang Putih Obati Virus Corona, Kemenkes Singgung Impor Bawang

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
bawang putih Bawang putih (Foto: Arif Syaefudin - detikFinance)
Jakarta -

Sempat heboh di media sosial sebuah unggahan yang menyebut air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan novel coronavirus (2019-nCoV). Kabar ini mulai ramai dibagikan sejak novel coronavirus telah menyebar ke beberapa negara, dan membuat warga khawatir.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr Anung Sugihantono, mengimbau untuk tetap berhati-hati pada sebaran yang menyebut berbagai bahan tertentu sebagai obat novel coronavirus.

"Yang harus diwaspadai saat ini adalah kemudian ada orang-orang tertentu, kelompok tertentu yang mengintrodusir bahan-bahan tertentu," jelasnya saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

"Kemarin yang sudah muncul bawang putih, semua makan bawang putih padahal bawang putihnya impor nah nanti kita malah kebanyakan impor," tuturnya.

dr Anung kembali menegaskan sebaran informasi terkait bawang putih tersebut tidak benar. Ia menyarankan untuk terus menjaga daya tahan tubuh.

"Di samping berdoa, itu sarannya Pak Menteri," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)