Jumat, 31 Jan 2020 18:36 WIB

Kenali Ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Agar Bisa Cepat Diatasi

Lusiana Mustinda - detikHealth
kolesterol Ciri dan gejala kolesterol. Foto: shutterstock
Jakarta -

Naiknya kadar kolesterol harus diwaspadai. Hal ini dikarenakan akan meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit yang berbahaya. Kenali ciri dan gejala kolesterol tinggi.

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang terdapat di dalam darah. Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan senyawa ini untuk membantu memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, serta vitamin D. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati, sedangkan sebagian lainnya biasa didapat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Meskipun dibutuhkan, akan tetapi jumlah kolesterol di dalam darah tetap harus terkontrol agar tidak terlalu tinggi.

Sayangnya, gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, nantinya akan membentuk plak yang dapat menghambat aliran darah sehingga menimbulkan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Berikut ini ciri dan gejala kolesterol tinggi yang perlu kamu ketahui yang dirangkum oleh detikHealth:

1. Sakit Kepala

Salah satu ciri dan gejala adanya tanda kolesterol mulai tinggi adalah sakit kepala. Sakit kepala di bagian belakang yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat. Sakit kepala ini akan berangsung membaik seiring dengan menurunnya kadar kolesterol di dalam darah.

2. Nyeri Dada

Tingginya penumpukan plak di pembuluh darah menjadi salah satu tandanya kolesterol tinggi. Hal ini dapat mengganggu, bahkan menghambat aliran darah menuju ke jantung. Jika terjadi sumbatan total, ini akan menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Ciri dan gejala kolesterol tinggi.Ciri dan gejala kolesterol tinggi. Foto: shutterstock

3. Nyeri di Bagian Tengkuk

Tak hanya sakit kepala dan nyeri di dada, kolesterol darah yang tinggi juga dapat menyebabkan nyeri otot dan saraf. Karena keluhan ini lebih sering dikeluhkan oleh beberapa orang yang mengalami kolesterol tinggi.

Nyeri di bagian tengkuk ini bisa disebabkan karena penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju ke otak.

Jika ciri dan gejala kolesterol naik terasa, ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah kolesterol tinggi:

- Mengatur Pola Makan

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang banyak terdapat di dalam makanan cepat saji. Sebagai gantinya, pastikan kamu mengikuti pola makan hidup sehat dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur, kurangi gorengan dan cukup minum air putih.

- Rajin Berolahraga

Olahraga juga sangat penting untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Tanda-tanda kolesterol tinggi umumnya tidak dirasakan secara langsung. Akan tetapi kita wajib menjaga kesehatan tubuh dengan rajin berolahraga supaya tubuh tetap fit.

- Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak kolesterol di pembuluh darah. Supaya terhindar dari kolesterol tinggi sebaiknya berhentilah merokok.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)