Sabtu, 01 Feb 2020 09:30 WIB

Benarkah Banyak Minum Air Putih Bisa Cegah Virus Corona? Ini Faktanya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
puasa air putih Minum air putih disebut bisa cegah virus corona. (Foto: iStock)
Jakarta -

Wabah virus corona yang tak kunjung usai membuat banyak orang menjadi panik. Hal ini dibuktikan dengan beredarnya pesan broadcast yang menyebut virus corona dapat dicegah dengan rutin minum air putih dan menjaga tenggorokan agar tidak kering.

Apakah benar dengan menjaga tenggorokan agar tetap lembab dengan minum air putih dengan jumlah tertentu bisa cegah penularan virus corona?

Menanggapi hal tersebut, spesialis paru-paru, dari RS Paru Persahabatan, Dr dr Erlina Burhan, MSc, SpP(K), menyebut penularan virus akan tetap terjadi apabila berkontak langsung dengan pasien atau daerah yang terinfeksi.

"Yang berpengaruh adalah imunitas. Orang tua misalnya atau yang punya sakit kronik. Sakit kronik tuh artinya sakitnya sudah lama dan imunitasnya menurun dan itu akan mudah terinfeksi, itu prinsip dasarnya," kata dr Erlina, pada Kamis (30/1/2020).

Meski minum air putih itu penting untuk keseimbangan tubuh, bukan berarti banyak minum jadi terhindar dari penyakit. Semua akan kembali lagi pada daya tahan tubuh seseorang.

"Banyak minum kalau sistem imunnya nggak bagus, ya percuma," pungkasnya.



Simak Video "Temukan Vaksin Virus Corona, Ilmuwan Hong Kong: Masih Perlu Diuji"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)