Sabtu, 01 Feb 2020 14:00 WIB

Pakai Masker Untuk Cegah Virus Corona, Bagaimana Sih Cara yang Benar?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
PT KAI Daop 1 Jakarta gelar sosialisasi dan bagi-bagi masker guna mencegah virus corona di Stasiun Gambir. Pengunjung juga dapat periksa kesehatan di stasiun. Bagaimana penggunaan masker yang tepat? Ini tips dokter. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Sejak akhir Desember 2019 lalu, virus corona semakin mewabah di negara China, tepatnya di Kota Wuhan. Bahkan kini virus tersebut sudah menyebar di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, hingga Filipina.

Sebagai upaya pencegahan, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker dengan baik dan benar. Ada berbagai jenis masker, diantaranya masker medis atau masker ojol dan n95. Tetapi, pasti masih banyak yang bertanya-tanya gimana cara memakai masker yang benar.

Menurut dokter spesialis pulmonologi dari Rumah Sakit (RS) Awal Bros Tangerang, dr Fitri Rahayu Sari, SpP, hal yang paling penting dilakukan sebelum memakai masker adalah mencuci tangan.

"Jadi, sebelum memakai masker harus cuci tangan dulu ya. Untuk memakai masker medis yang ada berbagai macam warna seperti hijau, pink, dan biru, yang berwarna harus di depan, jangan sampai terbalik," jelasnya saat ditemui detikcom, Jumat (31/1/2020).

Saat mengambil masker, dr Fitri menyarankan untuk mengeluarkan masker dari tempatnya dengan memegang bagian talinya. Selain itu, pastikan masker dalam kondisi yang baik dan tali untuk mengaitkannya kuat.

Bagaimana sih cara memakai masker medis ataupun n95 yang baik? Dan tindakan seperti apa yang salah saat menggunakan kedua masker tersebut? Simak selengkapnya dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(sao/kna)