Sabtu, 01 Feb 2020 18:31 WIB

5 Cara Mudah Cegah Insomnia Mengganggu Tidur Malam Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Frightened Woman in Bed with the Sheets Pulled Up to her Face Malam ini insomnia melanda? Berikut cara-cara mengatasinya. Foto: thinkstock
Jakarta -

Tak ada yang lebih menyebalkan daripada insomnia menyerang saat tubuhmu ingin tidur. Insomnia atau kesulitan tidur akan membuatmu terjaga dan sulit tertidur.

Ahli tidur dari London, Kathryn Pinkham, menyebutkan ada banyak kesalahan yang dilakukan orang untuk menangkal insomnia. Salah satunya adalah dengan tidur lebih awal ketika malam sebelumnya begadang atau tak bisa tidur.

Oleh karena itu, dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah cara mudah untuk mencegah insomnia:


1. Stop melihat jam

"Hindari melihat jam saat kamu terbangun tengah malam. Tiap kali kamu mengecek jam kamu akan menjadikannya rutinitas bangun di tiap jam yang sama," kata Kathryn.

Selain itu, lanjutnya, kebiasaan ini bisa membuatmu mulai khawatir akan lelah keesokan harinya dan menjadi tertekan untuk bisa tidur kembali. Ia menyarankan untuk memasang alarm dan menjauhkan ponselmu sehingga kamu tak tergoda untuk mengecek jam.

2. Kuatkan keinginan tidur

Untuk tidur yang nyenyak tentu saja dimulai dengan keingin tidur yang kuat, dan seberapa lama tubuh kita membutuhkan tidur. Hal ini dibangun mulai dari seberapa lama waktu yang kita habiskan di luar tempat tidur.

"Jika kamu terbiasa tidur awal dan kemudian bangun, nantinya kamu malah akan kesulitan tidur atau terjaga semalaman karena keinginan tidurmu tidak cukup kuat," ujar Kathryn.

Untuk melawannya, cobalah tidur agak lebih terlambat dan menyetel alarm lebih cepat. Dengan ini akan muncul keinginan tidur yang lebih kuat dan menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

3. Masih melek? Hindari kasur

Saat insomnia melanda, kita seringnya tergoda untuk menunggu rasa kantuk datang dengan berada di kasur, namun ini adalah kebiasaan yang buruk. Kathryn menyarankan menjauhi tempat tidur ketika insomnia datang.

Hal ini karena nantinya akan menciptakan kaitan antara tempat tidur dengan perasaa negatif. Lambat laun malah membuatmu tetap melek dengan berada di kasur dan malah merasa cemas.

"Sebagai gantinya, tinggakan tempat tidur dan tonton televisi atau membaca hingga kamu merasa ngantuk dan kemungkinanya lebih besar cepat tertidur ketimbang kamu tetap berada di tempat tidur," jelasnya.

4. Kosongkan pikiran

Seringkali kita tak bisa tidur karena pikiran kita tak mau rileks. Jika kamu mengalami hal ini, langkah yang paling efektif adalah mencoba mengosongkan pikiran pada siang hari.

Alokasikan sekitar 20 menit tiap harinya di siang atau sore hari dan tuliskan apapun yang ada di dalam pikiranmu. Bisa saja kekhawatiran, ketakutan, atau hanya pemikiranmu, namun tujuannya adalah untuk mengenali apa saja yang ada di pikiranmu dan mengeluarkannya ke dalam kertas.

Membiasakan melakukan hal ini setiap hari bisa membuat pikiran mengganggu tak akan merusak waktu tidurmu dan mengakibatkan insomnia.

5. Jangan tidur awal karena kemarin begadang

Menurut Kathryn, satu kesalahan yang kerap dilakukan pengidap insomnia adalah mencoba tidur lebih awal keesokan harinya. Mengapa? Dengan 'membalas' tidur seperti ini tidak akan membuat kita berhasrat untuk tidur dan malah membuat kita semakin melek.

Biasanya kondisi ini nanti akan membuat kaitan antara tempat tidur dan kondisi terjaga, sehingga menyebabkan kita malah lebih kekurangan tidur.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)