Minggu, 02 Feb 2020 14:05 WIB

Anak Selvy Kitty Idap Kondisi Langka Kawasaki, Penyakit Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Selvi Kitty dan putranya Anak Selvi Kitty dirawat karena penyakit Kawasaki. (Foto: Instagram/selvikitty)
Jakarta -

Penyanyi dangdut Selvy Kitty bercerita anaknya, Abizar, yang baru berusia 5 bulan dirawat karena penyakit langka Kawasaki. Bermula ketika tubuh sang anak mengalami demam yang tak kunjung reda.

"Awalnya panas di atas 38 derajat celcius sampai 39 derajat, udah coba dua dokter pas yang terakhir ini anak aku udah step, udah 40 sama dokter tapi dibilang rawat aja. Aku tanya kenapa, kata dokternya ini penyakit Kawasaki" jawab Selvy usai mengisi acara Rumpi Trans Tv, kawasan Tendean, Jakarta Selatan.

Penyebab penyakit Kawasaki belum diketahui pasti hanya saja para dokter mengetahui kondisi ini rentan menyerang anak berusia lima tahun ke bawah. Kemungkinan awalnya dipicu oleh infeksi.

dr Sukman T Putra, SpA(K), FACC, dari Eka Hospital BSD mengatakan meski Kawasaki umumnya dapat sembuh tanpa menimbulkan masalah, namun bila tak ditangani dengan baik sekitar 5-20 persen pasien anak bisa alami komplikasi jantung. Hal ini karena penyakit dapat merusak arteri membuat terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Bagaimana membedakan Kawasaki dari penyakit lainnya menurut dr Sukman bisa dengan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) atau ekokardiografi. Tes tersebut akan menunjukkan bagaimana kondisi pembuluh darah koroner si anak.

Menurut data Kidshealth, penyakit Kawasaki terjadi pada 19 dari setiap 100.000 anak-anak di Amerika Serikat. Umumnya penyakit ini menyerang anak-anak keturunan Jepang dan Korea, tetapi juga dapat memengaruhi semua kelompok etnis.

Penyakit ini pertama kali dikenalkan pada 1967 oleh Dr Tomisaku Kawasaki di Jepang. Oleh karena itulah nama penyakit ini disebut Kawasaki.

Baca juga: Kawasaki


Simak Video "WHO Teliti Gejala Mirip Sindrom Kawasaki pada Anak Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)