Senin, 03 Feb 2020 10:45 WIB

Korban Tewas Terus Bertambah, China Bangun RS Baru untuk Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Progres Rumah Sakit ‘Anti Corona’ di Wuhan Proyek Rumah Sakit 'Anti Corona' di Wuhan (Foto: Dok. Xinhua/Xiao Yijiu)
Jakarta -

China menyiapkan rumah sakit baru di kota pusat wabah novel coronavirus, karena jumlah orang yang terinfeksi terus bertambah. Sampai saat ini sudah lebih dari 17.000 kasus yang terkonfirmasi, dan angka kematian mencapai 361 orang. Salah satu kasus kematian juga ditemukan di luar China, yaitu di Filipina.

Sebelumnya, China sudah membangun Rumah Sakit Huoshenshan yang menyiapkan 1.000 tempat tidur untuk pasien, dan rumah sakit tersebut dibangun hanya dalam delapan hari.

Namun sayangnya karena pasien terus bertambah, para petugas kewalahan dalam menangani pasiennya. Bahkan beberapa diantaranya rela menggunakan popok, karena tak sempat untuk buang air kecil ke kamar mandi.

Mengutip dari BBC, sebanyak 1.400 staf medis tentara Cina yang disiapkan untuk membantu pasien di rumah sakit baru. Beberapa diantaranya sudah berpengalaman dalam menangani novel coronavirus (2019-nCoV).

Rumah sakit kedua di Leishenshan dijadwalkan selesai pada hari Rabu.

Juru bicara Komisi Kesehatan Nasional, Jiao Yahui, mengatakan kepada Reuters bahwa dengan dua rumah sakit baru ini kota Wuhan akan mampu menampung 10.000 pasien, cukup untuk menangani kasus-kasus yang saat ini dicurigai maupun telah dikonfirmasi.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)