Senin, 03 Feb 2020 11:09 WIB

Kemenkes Pastikan WNI yang Dikarantina di Natuna Semuanya Sehat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China, sudah tiba di Batam. Mereka lantas dipindahkan ke 3 pesawat TNI AU yang akan membawanya ke Natuna. Proses evakuasi WNI dari Wuhan untuk menjalani karantina di Natuna (Foto: Kemlu RI)
Jakarta -

Sejak Minggu, (2/2) warga negara Indonesia di evakuasi dari Wuhan, China, ke Natuna. Berdasarkan hitungan masa inkubasi, akan dilakukan karantina atau observasi kesehatan selama 14 hari. Disampaikan bahwa sampai saat ini semua WNI dalam kondisi baik.

"Sebanyak 237 WNI dan 1 WNA berhasil di evakuasi dari Wuhan, China, ke Natuna, Indonesia. Dan semua WNI dalam kondisi sehat, telah melakukan skrining di China," tegas Kepala Biro Komunikasi dan Pelayana Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, drg Widyawati MKM, saat ditemui pada Senin (3/2/2020).

Saat ini, semua WNI di Natuna kembali menjalani tes kesehatan ulang untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan prima. Adapun kondisi yang menjadi fokus pemantauan atau diamati yakni batuk, sesak napas dan demam.

"Skenario di Natuna, pemeriksaan kesehatan dilakukan dua kali. Jam 23.00 lalu (2/1) semua dalam keadaan baik," tambah Dirjen P2P Kemenkes, dr Anung Sugihantino, saat dijumpai di lokasi yang sama.

Disampaikan bahwa apabila secara komunal dalam 14 hari tidak ada yang mengalami gangguan pernapasan atau yang mengarah pada gejala, maka secara umum, maka observasi kesehatan dicukupkan dan boleh pulang karena telah melalui dua kali cek kesehatan.

"Tetapi jika dalam 14 hari ada satu, dua, atau beberapa orang yang menunjukkan gejala, maka skenarionya akan lain. Makanya kita bisa perpanjang atau evakuasi ke tempat 'spesifik'. Kita sudah siapkan medical evacuation kalau ada yang sakit," tutup dr Anung



Simak Video "Dugaan Lain Munculnya Virus Corona, Kebocoran Laboratorium Wuhan?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)