Senin, 03 Feb 2020 17:45 WIB

Kombinasikan Obat Ini, Dokter di Thailand Klaim Pasien Virus Corona Membaik

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Berpacu dengan Waktu, Upaya Temukan Vaksin Virus Corona Dokter di Thailand klaim kombinasi obat HIV dan flu bisa atasi virus corona. Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Berbagai cara tengah dilakukan untuk memerangi virus corona yang kini menyebar ke berbagai negara. Namun, para dokter di Thailand mengatakan telah berhasil merawat dua pasien virus corona dengan kombinasi obat antivirus.

Hal ini dibuktikan oleh salah satu dokter dari Rumah Sakit Rajavithi di Bangkok, Dr Kriangsak Atiporwanich. Ia mengatakan telah merawat seorang pasien wanita berusia 71 tahun dari Tiongkok dengan kombinasi obat yang digunakan untuk perawatan HIV dan flu.

"Saya telah merawat seorang pasien yang kondisinya sudah parah dengan kombinasi obat tersebut, dan hasilnya sangat memuaskan. Kondisinya semakin membaik dengan sangat cepat dalam waktu 48 jam," jelasnya yang dikutip dari CNN.


"Dari hasil tesnya juga sudah menunjukkan perubahan, dari positif menjadi negatif dalam waktu yang sama," lanjutnya.

Dari hasil tersebut, pada pejabat di Kementerian Kesehatan juga mengatakan tes laboratorium juga menunjukkan tidak ada lagi jejak virus di sistem pernapasan pasien virus corona.

Selain itu, rumah sakit di Beijing juga melaporkan menggunakan obat antivirus untuk HIV dan AIDS sebagai pengobatan virus corona. Meskipun belum jelas hasilnya berhasil dengan baik atau tidak.

Sebelumnya, Anthony Fauci, Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular di Institut Kesehatan Nasional AS, mengatakan belum ada obat yang terbukti efektif untuk mengatasi virus ini.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)