Senin, 03 Feb 2020 18:23 WIB

Penampakan Kapsul Isolasi yang Dipakai untuk Evakuasi Pasien Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mempersiapkan Kapsul evakuasi atau isolation chamber digunakan untuk orang yang diduga mengalami gejala virus corona di pelabuhan IPC Panjang, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (29/1/2020). Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga melakuakan pengecekan suhu tubuh (thermoscan) terhadap anak buah kapal (ABK) yang berlabuh di pelabuhan IPC Panjang Bandar Lampung. ANTARA FOTO/Ardiansyah/foc. Unit kapsul isolasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan Panjang. (Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah/foc)
Jakarta -

Menghadapi ancaman wabah virus corona, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menyiapkan berbagai sarana pendukung. Salah satunya 21 kapsul khusus yang bisa dipakai untuk mengisolasi dan mengevakuasi pasien terkait virus corona.

"Yang jelas semua pintu masuk kita berikan. Yang diprioritaskan daerah-daerah yang punya kecenderungan tinggi masuknya pendatang-pendatang dari Tiongkok," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto beberapa waktu lalu di Kompleks Istana Kepresidenan.

Ada 21 unit kapsul isolasi disiagakan.Ada 21 unit kapsul isolasi disiagakan. (Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah/foc)

Dikutip dari jurnal Emerging Infectious Diseases, kapsul isolasi berfungsi untuk membatasi interaksi antara pasien dengan lingkungan. Biasanya kapsul dilengkapi dengan tandu dan filter high efficiency particulate air (HEPA) untuk menyaring materi berbahaya.

Pada sisi kapsul isolasi terdapat 'lubang' yang bisa digunakan oleh tenaga kesehatan untuk menjangkau pasien.

"Isolator bisa dilengkapi dengan tangki oksigen, selang cairan infus, obat, serta alat pacu jantung," tulis jurnal dan dikutip pada Senin (3/2/2020).



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)