Senin, 03 Feb 2020 18:35 WIB

Kata Kemenkes Soal Kabar Suspek Virus Corona di RS Bahteramas Kendari

Nafilah Sri Sagita K, Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Padatnya aktivitas warga di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, membuat PT KCI melakukan sosialisasi terkait virus corona. Petugasn menyosialisasikan penggunaan masker untuk mencegah persebaran virus corona (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Beredar kabar RS Bahteramas Kendari merawat pasien virus corona. Dalam kutipan percakapan di Whatsapp yang beredar, pasien tersebut dikatakan sudah menjalani pemeriksaan.

"Hasil tes katax positif virus corona," demikian penggalan percakapan yang beredar, yang nomor kontaknya disamarkan dengan coret-coretan.

Dikonfirmasi detikcom, Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Achmad Yurianto tegas mengatakan informasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Tidak bisa dipertanggungjawabkan dan berniat tidak baik. Identitas dicoret adalah bukti info tidak benar dan tidak mau tanggungjawab," kata dr Yuri.

dr Yuri menegaskan, saat ini yang memiliki kemampuan identifukasi virus corona baru dari Wuhan (2019-nCoV) hanya Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

"Mohon maaf saya belum mendapat info/konfirmasinya," kata Prof Amin Soebandrio, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, saat dimintai konfirmasi.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)