Senin, 03 Feb 2020 18:41 WIB

Cuaca Tak Menentu, Ini Tips Jaga Sistem Imun untuk Cegah Penyakit

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
traveling musim hujan Foto: shutterstock
Jakarta -

Cuaca tidak menentu belakangan ini membuat tubuh rentan terkena penyakit, mulai dari flu, sakit tenggorokan atau pilek. Demi menghindari ancaman penyakit, sangat penting menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh.

Sistem imun dan sel-sel darah putih bekerja sama untuk melawan infeksi. Sel darah putih diproduksi di tulang sumsum, dengan jumlah normal di antara 5.000-10.000 per mikroliter darah. Jika sel darah putih kurang dari 3.500, maka tubuh dalam kondisi yang dinamakan neutropenia atau sel darah putih menurun dan berakibat tubuh sulit melawan bakteri.

"Musim hujan identik dengan suhu dingin, pembuluh darah mengecil dan aliran darah melambat sehingga sel-sel pertahanan tubuh yang ada di darah bergerak melambat, sehingga jika ada infeksi akan lebih lambat dalam memberikan respons pertahanan," ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, kepada detikHealth baru-baru ini.

Oleh karena itu, di tengah cuaca yang tidak menentu ini sangat penting bagi kita untuk meningkatkan sistem imun tubuh. dr Helmin mengatakan untuk berfungsi dengan baik dan optimal, sistem kekebalan tubuh harus dapat mendeteksi berbagai agen mikroorganisme, seperti virus, bakteri, atau parasit. Selain itu, sistem imun juga harus dapat membedakan benda asing dari jaringan sehat.

"Mikroorganisme yang masuk tidak serta merta dapat menimbulkan penyakit pada tubuh jika pertahanan tubuh kuat dan mampu mengeliminasi mikroorganisme yang masuk," tegasnya.

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan terbaik terhadap penyakit menular. Pada saat suhu dingin, gunakan pakaian yang menghangatkan sehingga membantu melancarkan aliran darah yang mengandung sel-sel imun.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh harus dijaga agar tetap dalam kondisi optimal dengan pola hidup sehat seperti tidak merokok, makan diet tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta rendah lemak jenuh. Kemudian rajin berolahraga, mempertahankan berat badan ideal, hingga mengelola tingkat stres dan tekanan darah Anda.

"Lakukan medical check up secara rutin untuk deteksi dini berbagai penyakit, sehingga dapat diatasi dengan cepat," ucapnya.

Selain itu, jika Anda merasa hari makanan dan minuman kurang mengandung vitamin atau antioksidan, maka Anda bisa mengambil manfaat vitamin dari suplemen multivitamin. Konsumsi multivitamin dapat memenuhi kebutuhan harian yang tidak dapat dipenuhi dari nutrisi sehari-hari.

Salah satu multivitamin yang bisa mengembalikan kesehatan tubuh dan membuat tubuh tetap fit, terutama di tengah cuaca tak menentu ini adalah Fatigon Multivitamin dan Mineral. Fatigon Multivitamin bisa membantu proses metabolisme, sehingga tubuh kembali segar setelah beraktivitas. Minum Fatigon Multivitamin secara rutin setiap hari, baik setelah beraktivitas maupun sebelum tidur untuk menjaga tubuh tetap segar dan bugar.



Simak Video "Apakah Kerokan Dapat Menyembuhkan Masuk Angin?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)