Selasa, 04 Feb 2020 05:00 WIB

Jalan Pakai Tongkat Kaki, Putri Agus Yudhoyono Patah Tulang

Firdaus Anwar - detikHealth
agus harimurti yudhoyono Putri Agus Harimurti Yudhoyono mengalami fraktur (Foto: tangkapan layar)
Jakarta -

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru-baru ini mengunggah video saat putrinya, Almira Yudhoyono, berjalan dengan alat bantu tongkat kaki (kruk). Almira disebut mengalami fraktur atau patah tulang.

"Mohon doanya ya teman-teman. Aira mengalami fraktur di kaki kanannya saat olahraga. Cepet sembuh ya kak," tulis AHY di akun Instagram pribadinya pada Senin (3/2/2020).

Dalam video berdurasi 26 detik tersebut tampak Almira dengan kaki kanan yang dibalut gips berusaha berjalan sambil menggunakan dua kruk. AHY mengamati bagaimana Almira berjalan dan membantu menggeser bantal saat sang putri berusaha duduk di kursi roda.

Patah tulang di bagian kaki biasanya terjadi karena cedera olahraga, jatuh, atau kecelakaan saat berkendara. dr Andri Primadhi, SpOT, dari Departemen Orthopaedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran menyebut tulang yang patah bisa butuh waktu sekitar 6 minggu untuk sembuh tergantung tingkat keparahannya.

Dalam kurun waktu tersebut, tulang sudah dapat dikatakan menyambung sehingga nyeri yang dirasakan pun hilang. Akan tetapi masih memerlukan 6 minggu lagi untuk dapat keras seperti tulang normal.

Untuk membantu mempercepat pemulihan atau penyembuhan patah tulang, bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan kalsium.

"Makanan yang dapat membantu penyembuhan antara lain yang mengandung kalsium seperti susu (susu boleh apa saja, sama saja), juga makanan berprotein tinggi misalnya ikan," kata dr Andri beberapa waktu lalu.



Simak Video "Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Dialami Luna Maya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)