Selasa, 04 Feb 2020 14:04 WIB

Jalani Tes Kesehatan 2 Kali Sehari, Kondisi WNI dari Wuhan di Natuna Sehat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China, sudah tiba di Batam. Mereka lantas dipindahkan ke 3 pesawat TNI AU yang akan membawanya ke Natuna. WNI yang dievakuasi dari Wuhan kini diobservasi di Natuna. (Foto: Kemlu RI)
Jakarta -

Sejak Minggu, (2/2) sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) di evakuasi dari Wuhan, China, ke Natuna menyusul arahan Presiden terkait wabah virus corona 2019-nCoV. Saat ini dikabarkan mereka dalam kondisi baik.

"Baru saja kita dapat info bahwa kondisi kesehatan WNI dan teman-teman yang memberikan pelayanan semuanya dalam keadaan baik dan sehat. Tidak ada satu pun orang dengan sakit 38 derajat dan tidak ada keluhan yang dilaporkan di observasi kesehatan," tutur Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr Anung Sugihantono melalui sambungan telepon kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Anung saat ini berada di Natuna untuk evaluasi harian dan memastikan kondisi terkait kepulangan WNI yang dipantau terus menerus selama masa inkubasi 14 hari. Dijelaskan bahwa setiap harinya, kegiatan WNI beragam mulai dari ibadah, olahraga, bahkan ada yang sambil kuliah.

"Ada beberapa yang masih kuliah jadi saat ini mengakses pembelajaran dan menjadi bagian dari aktivitas yang mereka lakukan," papar Anung.

Selama masa inkubasi atau sekitar 14 hari, dilakukan observasi kesehatan setiap harinya untuk memastikan bahwa WNI dari Wuhan tidak mengalami keluhan atau gejala seperti demam, pilek, dan sesak napas.

"Dua kali pemeriksaan. Jam pemeriksaannya di pagi hari setelah aktivitas dan malam sebelum tidur," tutupnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)