Selasa, 04 Feb 2020 15:21 WIB

Jenis-jenis Fraktur, Kondisi Tulang yang Sedang Dialami Putri AHY

Siti Masluha - detikHealth
agus harimurti yudhoyono Putri AHY, Almira Yudhoyono, tampak menggunakan alat bantu untuk berjalan. (Foto: tangkapan layar)
Jakarta -

Dalam unggahan terbaru di Instagram, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memvideokan putrinya Almira Yudhoyono sedang berjalan dengan kruk. Almira disebutnya mengalami fraktur.


Fraktur adalah patah tulang, dapat berkisar dari retakan tipis hingga patah. Patah tulang bisa melintang, memanjang di beberapa tempat, atau menjadi beberapa bagian.

Jenis Fraktur

Tulang adalah organ dengan struktur keras dan kaku, tulang mampu menahan beban namun ketika beban yang diberikan berlebih atau terlalu besar tulang akan pecah atau retak.

Tingkat keparahan fraktur biasanya tergantung pada kekuatan yang menyebabkan patah. Jika titik patah tulang kelebihan sedikit beban, maka tulang mungkin hanya retak. Jika beban nya berat atau terkena kekuatan ekstrem, seperti dalam tabrakan mobil atau tembakan, tulang mungkin pecah.

Jenis-jenis patah tulang:

- Fraktur kominutif, pada jenis fraktur ini tulang pecah menjadi tiga bagian atau lebih. Karena kekuatan dan energi yang cukup dapat memecah tulang, jenis patah tulang ini terjadi setelah trauma seperti kecelakaan kendaraan.

- Fraktur dislokasi, cedera parah di mana fraktur dan sendi terkilir terjadi secara bersamaan. Biasanya, potongan tulang yang longgar tetap tersangkut di antara ujung-ujung tulang yang dislokasi dan mungkin harus diangkat melalui pembedahan sebelum dislokasi dapat diatasi.

- Fraktur greenstick, sebagian tulang patah di satu sisi, tetapi tidak pecah sepenuhnya karena sisa tulang dapat membengkok. Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak, yang tulangnya lebih lembut dan lebih elastis

- Fraktur garis rambut atau juga disebut fraktur stres, adalah retakan kecil atau memar parah di dalam tulang. Jenis fraktur ini paling sering terjadi pada atlet, terutama atlet olahraga yang mengharuskan lari dan lompat. orang yang menderita osteoporosis juga dapat mengalami fraktur garis rambut.

- Fraktur oblik, adalah patah tulang yang relatif umum di mana tulang patah secara diagonal ke sumbu panjang tulang. Fraktur oblik bervariasi dalam tingkat keparahannya, tergantung pada tulang apa yang terpengaruh dan seberapa besar patahnya. Fraktur miring cenderung terjadi pada tulang yang lebih panjang seperti tulang paha atau tibia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4