Selasa, 04 Feb 2020 16:24 WIB

Putri AHY Patah Tulang, Ini Faktor yang Bisa Pengaruhi Waktu Pemulihan

Firdaus Anwar - detikHealth
agus harimurti yudhoyono AHY mengunggah video saat dirinya mengawasi sang putri latihan jalan dengan tongkat. (Foto: tangkapan layar instagram/agusyudhoyono)
Jakarta -

Putri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Almira Yudhoyono, dikabarkan mengalami fraktur atau patah tulang. AHY mengunggah video di Instagram saat Almira berusaha berjalan dengan alat bantu tongkat kaki (kruk).

Mohon doanya ya teman-teman. Aira mengalami fraktur di kaki kanannya saat olahraga. Cepet sembuh ya kak," tulis AHY pada Senin (3/2/2020).

Terkait hal tersebut menurut ahli ada beberapa hal yang diketahui bisa mempengaruhi waktu pemulihan patah tulang. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya:

1. Kondisi tulang

Semakin parah patahan yang terjadi pada tulang, maka waktu pemulihan bisa semakin lama. dr Andri Primadhi SpOT(K) dari RSUP Hasan Sadikin Bandung menyebut biasanya kondisi akan dinilai dari derajat dan pola patahan tulang.

"Sekitar 6-8 minggu, tergantung pola patahan, dan derajat kepatahannya," jelas dr Andri beberapa waktu lalu.

2. Usia

Secara umum anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan bisa lebih cepat pulih dari patah tulang dibandingkan orang dewasa. Alasannya dijelaskan oleh peneliti dari Iowa Orthopaedic Center karena tulang anak selalu dalam proses 'pemulihan' karena masih bertumbuh.

"Pada orang dewasa faktor ini harus dibangunkan kembali, oleh karena itu waktu pemulihannya jadi lebih lambat," kata peneliti.

3. Infeksi dan komplikasi lain

Kadang patah tulang juga bisa disertai dengan komplikasi lain seperti misalnya luka yang rentan infeksi. Hal ini dapat semakin membebani tubuh sehingga waktu pemulihan juga jadi lebih lama.

4. Gerakan berlebih

Ada alasan kenapa pasien patah tulang biasanya dipasang gips, yaitu untuk menahan agar tulang tidak bergerak-gerak. Gerakan yang berlebihan bisa mengganggu proses penyembuhan, meningkatkan risiko kerusakan jaringan sekitar, hingga nyeri tambahan.

5. Nutrisi

Menurut dr Benedictus Megaputra SpOT, MSi, asupan nutrisi yang tepat dapat membantu tulang sembuh lebih cepat. Contohnya asupan seimbang antara karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral dibantu dengan suplemen mengandung kalsium dan vitamin D.

"Suplemen yang mengandung kalsium dan vitamin D baik untuk tulang," kata dr Mega.



Simak Video "Ini Perbedaan Olahraga Aerobik dan Anaerobik"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)