Rabu, 05 Feb 2020 14:15 WIB

WNI Positif Virus Corona Jadi Tanggung Jawab Singapura, Tak Dibawa ke RI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Petugas rumah sakit menunjukkan ruangan isolasi khusus untuk menangani pasien yang menderita penyakit pneumonia berat akibat terjangkit wabah novel Coronavirus (nCoV) di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/1/2020). RSUP dr Kariadi menyiapkan sejumlah ruang isolasi khusus serta Tim Medis Pencegahan Penyakit Menular yang terdiri dari 23 dokter untuk bersiap jika ada pasien suspek terjangkit virus tersebut. ANTARA FOTO/Aji Styawan/ama. WNI positif virus corona di Singapura. (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Singapura kembali melaporkan kasus positif transmisi lokal virus corona 2019-nCoV. Salah satu pasien yang tertular adalah WNI (warga negara Indonesia) yang bekerja sebagai pekerja imigran di Singapura. Disebutkan bahwa penanganan bagi WNI tersebut menjadi tanggung jawab Singapura.

"Tetap (di Singapura). Masa dapatnya di sana mau di kasih ke kita?" tutur Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI, dr Wiendra Wiworuntu, saat dijumpai pada Rabu (5/2/2020).

Meski demikian, kasus WNI di Singapura tetap menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Kementerian Luar Negeri melalui KBRI Singapura telah mendapatkan laporan dari Kementerian Kesehatan terkait bahwa pasien yang bersangkutan akan dirawat di Singapura.

"Dirawatnya di sana. Dipastikan sampai selesai," pungkasnya.

Dalam keterangan resmi Kementerian Kesehatan Singapura, WNI tersebut diketahui berjenis kelamin perempuan yang berusia 44 tahun. Ia bekerja sebagai asisten rumah tangga yang majikannya diketahui positif virus corona.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)