Rabu, 05 Feb 2020 14:45 WIB

RI Pasang Thermal Scanner di Pelabuhan Pasca WNI Positif Virus Corona di Singapura

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah petugas berada di ruang isolasi di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 1 Surabaya wilayah kerja bandara Juanda meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp. Pengecekan suhu pendatang diperketat. (Foto: Antara Foto/Umarul Faruq)
Jakarta -

Kasus WNI di Singapura yang telah dinyatakan positif virus corona menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Meski belum memberlakukan larangan perjalanan, seluruh pintu masuk diperketat pengawasannya terutama dari Singapura.

"Terkait dengan hal tersebut, pemerintah Indonesia melakukan pengetatan pintu masuk dari berbagai negara termasuk Singapura karena diperkirakan ada 17 ribu orang berlalu lalang baik wisatawan maupun pekerja. Ini yang menjadi perhatian kita," jelas Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Anung Sugihantono, kepada media melalui sambungan telepon di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Akses dari Singapura menuju Indonesia tak hanya jalur udara, ada juga yang melalui laut dengan pemberhentian pelabuhan. Seperti halnya di bandara, alat pengecekan suhu juga dipasang di pelabuhan.

"Pengecekan juga pakai thermal scanner. Sama seperti di bandara, di pelabuhan juga di pasang karena disana juga risiko," tutur Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI, dr Wiendra Wiworuntu.

Menurut penuturan Wiendra, setelah WHO mengumumkan status kewaspadaan virus corona, tak hanya di perbatasan Singapura, pengawasan di seluruh pintu masuk negara pun diperketat untuk mencegah penularan.

"Sebelum ini kan juga diperketat. Sekarang semua yang dari kapal feri kita periksa," pungkas Wiendra.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)