Kamis, 06 Feb 2020 04:58 WIB

Buah kecapi dan 11 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Tri Suharyati - detikHealth
buah kecapi Foto: iStock/Buah kecapi dan 11 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh
Jakarta -

Sebagian besar dari kamu sudah tidak asing lagi jika mendengar nama buah kecapi. Buah berukuran kecil yang identik dengan warna kuning gelap jika sudah masak, memiliki kulit yang cukup tebal serta biji yang sedikit besar pula. Kecapi juga memiliki rasa yang manis dan sedikit asam.

Buah kecapi saat ini sudah jarang sekali ditemukan. Padahal buah yang berukuran kecil ini banyak memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Harga buah kecapi ini juga masih tergolong murah, yakni sekitar Rp.15.000 sampai Rp.20.000 per kilogram.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah kecapi yang dirangkum dari beberapa sumber:


1. Mengatasi sembelit

Kandungan serat yang terkandung pada buah kecapi efektif mengatasi masalah susah buang air besar (BAB). Serat pada buah kecapi ini efektif untuk mengubah tekstur feses dari yang sebelumnya keras menjadi lunak, sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Meminimalisir penyakit kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang disebabkan dengan adanya serangan radikal bebas pada tubuh manusia. Zat antioksidan yang terkandung pada buah kecapi sangat bermanfaat untuk menimimalisir resiko kanker pada tubuh manusia jika rutin mengonsumsinya.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi buah kecapi dengan cara memakannya langsung kamu akan mendapatkan kandungan zat antioksidan dan vitamin C. Memakan buah kecapi akan bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh manusia agar lebih sehat.

4. Mengobati Alergi

Alergi disebabkan oleh hal yang berbeda-beda seperti debu, kosmetik, dan makanan. Efek yang ditimbulkan oleh alergi adalah munculnya rasa gatal dan ruam merah pada kulit. Alergi tidak bisa benar-benar sembuh. Namun, gejalanya bisa diredakan dengan mengonsumsi buah kecapi. Kecapi memiliki senyawa asam yang dapat mengobati alergi dengan rutin mengonsumsi buah kecapi.

5. Mengurangi Kolestrol

Kolestrol adalah penyakit yang disebabkan oleh banyaknya mengonsumsi makanan berlemak. Untuk mengurangi kadar kolesterol pada tubuh, disarankan untuk mengurangi makanan berlemak dan mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan dan pektin. Keduanya bisa didapatkan jika mengonsumsi buah kecapi.

6. Melindungi Kesehatan Mulut

Mulut merupakan bagian terpenting bagi tubuh untuk dilindungi kesehatannya. Salah satu cara merawat mulut adalah dengan rajin menggosok gigi. Selain itu mengonsumsi buah kecapi dipercaya dapat merangsang produksi air liur lebih banyak yang dapat mengurangi tumbuhnya bakteri pada mulut, sehingga mulut kamu akan lebih sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2