Kamis, 06 Feb 2020 06:30 WIB

10 Kesalahan di Kamar Tidur yang Bikin Susah Terlelap

Siti Masluha - detikHealth
Close up of a young woman  fall asleep next to smart phone Handphone di ranjang sangat mengganggu kualitas tidur (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat ini kamar tidur tidak hanya digunakan untuk beristirahat tapi juga untuk bekerja atau bermain game. Namun sebaiknya singkirkan beberapa hal ini dari kamar tidur Anda agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Inilah beberapa hal yang sebaiknya tidak ada di kamar tidur Anda.

1. Handphone

Jika Anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik maka sebaiknya singkirkan handphone Anda dari kamar tidur. Karena sebenarnya handphone dapat membahayakan kesehatan Anda dengan memancarkan cahaya biru, dan sebuah penelitian menunjukan bahwa cahaya biru bisa menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur tidur, dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh).

Selain itu frekuensi RF yang dipancarkan oleh ponsel telah terdaftar oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker sebagai "kemungkinan karsinogen pada manusia," menurut CDC (Centers for Disease Control). Walaupun belum terbukti tetapi tidak ada salahnya untuk menjauhkan handphone dari kamar tidur Anda untuk mendapat kualitas tidur yang baik.

2. TV

Sama dengan handphone, TV juga membahayakan kesehatan karena memancarkan cahaya biru yang dapat mengganggu siklus tidur Anda. Selain itu dengan menaruh TV di kamar tidur dapat membuat Anda kurang tidur. Menurut sleep.org, "satu masalah dengan menonton TV sebelum tidur adalah godaan untuk begadang untuk mencari tahu apa yang terjadi selanjutnya."

3. Makanan

Makan adalah salah satu dari banyak hal yang mungkin Anda lakukan di tempat tidur yang membuat otak Anda mengaitkannya dengan hal-hal lain selain tidur seperti menonton TV, sehingga lebih sulit untuk tertidur di malam hari karena otak Anda terbiasa dengan rangsangan di sana.

Menyimpan makanan di kamar tidur merupakan hal yang salah karna dapat menarik perhatian hewan seperti semut, apalagi menumpahkan makanan di kamar tidur membuat kamar jadi kotor dan mendatangkan berbagai macam penyakit.

4. Meja belajar

Biasanya kita akan menaruh meja belajar di kamar tidur, agar mudah digunakan saat belajar atau kebutuhan lainnya. Namun seharusnya meja belajar tidak berada di kamar tidur, karena kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat dan tidak untuk memikirkan pekerjaan atau hal lain untuk mengganggu kualitas tidur yang baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]