Kamis, 06 Feb 2020 17:09 WIB

Pneumonia dan Kaitannya dengan Indonesia Masih 'Bebas' Virus Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan sosialisasi terkait virus corona di Apartemen Mediterania Garden 2, Jakarta, Kamis (6/1). Sosialisasi tersebut disambut baik warga. Kemenkes RI yakin belum ada kasus infeksi virus corona di Indonesia. (Foto ilustrasi: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Secara global, pasien terinfeksi virus corona telah mencapai angka 25 ribu dengan kasus kematian lebih dari 400 jiwa. Selain di China, beberapa kasus juga dilaporkan telah terjadi di 24 negara lain dan hingga kini di Indonesia belum tercatat adanya kasus penularan virus corona.

Beberapa orang bertanya-tanya, seberapa yakin pemerintah bahwa tidak ada kasus virus corona di Indonesia?

"Dalam minggu-minggu kejadian virus corona kita tidak mendapatkan data tentang kematian atau kejadian pneumonia di Indonesia," sebut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr Anung Sugihantono, melalui sambungan telepon kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Sebelum diberi nama resmi, virus corona tipe baru disebut sebagai penyakit misterius mirip pneumonia. Pun bila di Indonesia ada kasus virus corona yang tidak terdeteksi, peningkatan jumlah pasien yang mengidap pneumonia diperkirakan akan meningkat pesat.

Untuk kaitannya dengan negara Indonesia yang tropis, hingga kini pihak terkait masih terus meneliti hubungannya dan akan menjadi evaluasi bagi tindakan pencegahan dan deteksi penyakit di kemudian hari.

"Kami masih meyakini sampai saat ini belum ada orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia. Bahwa banyak yang mempertanyakan, prosedurnya di sini sudah baik," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)