Jumat, 07 Feb 2020 12:00 WIB

Sederet Alasan Kamu Punya Dua Ukuran Payudara yang Berbeda

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
young woman is measuring her breast Punya payudara asimetris adalah hal yang alami. (Foto: iStock)
Jakarta -

Jika salah satu ukuran payudaramu lebih besar daripada yang lainnya, kamu nggak sendiri. Payudara asimetris atau tidak rata sebenarnya cukup umum dimiliki wanita.

"Mayoritas wanita memiliki payudara asimetris. Beberapa bahkan bisa melebihi satu cup (ukuran)," lata Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis di Departemen Obstertri Ginekologi, dan Reproduksi, di Yale Medival School, mengutip The Healthy.

"Kami belum tahu alasan pastinya tetapi hal ini tidak mengkhawatirkan. Hanya sedikit sulit saat mencari ukuran bra yang pas," sambungnya.

Payudara asimetris sebenarnya adalah hal yang alami. Ahli kesehatan wanita dari Pusat Kesehatan Saint John di Santa Monica, Sherry Ross, menyebut ukuran payudara tidak sama seringkali diwariskan atau masalah genetik.

Jadi jika ibu dan nenekmu punya dua ukuran payudara yang berbeda, kemungkinan besar kamu akan memilikinya juga. Alasan lain bisa karena penurunan atau kenaikan berat badan.

Payudara sebagian besar terisi lemak bersama dengan jaringan ikat dan ukurannya dapat berubah sesuai berat badanmu meski kasusnya tidak selalu demikian. Kehamilan dan menyusui juga mempengaruhi simetri payudara.

"Payudara cenderung membesar selama kehamilan dan menyusui dan menjadi lebih kecil setelah periode itu," kata dr Minki.

Kemungkinan lainnya adalah tanda atau gejala skoliosis. Tapi jangan khawatir, genetika dan perubahan berat badan adalah dua penyebab paling umum payudaramu tidak rata.

Namun harus waspada jika payudaramu tiba-tiba menjadi tidak rata terutama jika perubahannya sangat signifikan. Tapi, sekali lagi, ukuran payudara yang tidak sama seharusnya tidak mengkhawatirkan.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)