Jumat, 07 Feb 2020 18:51 WIB

Mata Gadis Ini Hampir Buta Gara-gara Dilempar Pensil oleh Temannya

Siti Masluha - detikHealth
Beautiful blond woman with painted eye Gara-gara pensil, seorang gadis nyaris buta (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Pasti kalian pernah mendengar larangan untuk melempar pensil di dalam kelas saat masih sekolah? Sebaiknya patuhi larangan itu karena bahaya yang ditimbulkan bisa sangat mengerikan. Seperti yang terjadi pada seorang siswi yang hampir buta karena dilempar pensil oleh teman sekelasnya.

Dikutip dari FL Science, Jumat (6/12/2019), seorang gadis berusia 13 tahun asal Inggris yang tidak disebutkan namanya dilaporkan memiliki timah yang tertancap di matanya setelah salah satu teman sekelasnya melemparkan pensil padanya.

Pada awalnya gadis tersebut tidak menyadari apa yang terjadi sampai salah satu temannya mengatakan ada sesuatu di matanya.

"Sebagian pensil masuk ke mata saya, kejadian itu terjadi begitu cepat sehingga saya tidak merasakan apa-apa," jelasnya

Peristiwa itu hampir membuatnya buta karena ujung pensil menusuk limbus mata gadis itu, atau bagian putih mata. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit, dokter berusaha untuk menghilangkan kedua ujung pensil dari matanya. Salah satu potongan pensil sangat dekat dari retina dan hanya berjarak milimeter untuk bisa mengakibatkan kebutaan instan.

Operasi yang dilakukan membuat mata kirinya tidak bisa melihat dengan jelas, dan membuat gadis itu memiliki beberapa jahitan di bagian belakang dan bagian depan matanya. Gadis tersebut melaporkan peristiwa itu setelah tiga tahun kejadiannya dan setelah tiga tahun pengelihatan nya telah kembali normal dan dia bebas dari rasa sakit.

Kejadian ini memperlihatkan betapa bahayanya melemparkan benda-benda seperti itu kepada orang lain.

Dalam catatan tim BMJ Case Reports menunjukkan bahwa satu dari enam cedera perforasi okuler pada anak-anak terjadi ketika sebuah benda dilempar.

Jadi mungkin lain kali ketika Anda ingin memberikan alat tulis pada seseorang yang duduk di seberang ruangan, berdiri dan berjalan ke arah mereka, untuk melindungi pengelihatan mereka.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)