Sabtu, 08 Feb 2020 08:00 WIB

Mengenal Ginkgo Biloba dan 5 Manfaatnya

Niken Widya Yunita - detikHealth
ginkgo biloba Mengenal Ginkgo Biloba dan 5 Manfaatnya. (Foto:iStock)
Jakarta -

Apa itu ginkgo biloba? Ginkgo biloba adalah tanaman yang berasal dari China. Tanaman ini memiliki banyak manfaat. Apa saja?


Ginkgo biloba disebut juga pohon rambut gadis. Tanaman ini digunakan untuk pengobatan tradisional.


Disebut-sebut tanaman ini dapat meningkatkan kerja otak hingga obat kuat alami. Berikut manfaat ginkgo biloba dilansir dari healthline:


1. Ginkgo biloba Meningkatkan Kinerja Otak


Ginkgo biloba dipercaya meningkatkan kinerja otak. Dengan mengonsumsi ginkgo, dapat meningkatkan fungsi kognitif seperti meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Bila dikonsumsi bersama dengan obat antipsikotik, ginkgo dapat membantu pengobatan skizofrenia dan gangguan mental lainnya. Meski demikian, penggunaannya harus dengan dosis yang tepat.


2. Ginkgo biloba Atasi Stres


Tanaman ini bermanfaat untuk menangani stres. Caranya dengan menangkal efek dari produksi hormon stres seperti adrenalin dan kortisol. Mengonsumsi ginkgo biloba juga dapat membantu pengobatan depresi musiman dan serangan panik.


3. Obati Gangguan Pernapasan


Ginkgo biloba dapat mengobati bronkitis dan asma. Sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalam tanaman itu sangat efektif menyembuhkan peradangan pada sistem pernapasan. Ginkko biloba juga dapat melindungi kamu dari polusi dan asap rokok.


4. Ginkgo Biloba Obat Kuat


Ginkgo biloba efektif digunakan sebagai obat kuat alami. Ekstrak ginkgo biloba merangsang produksi nitrogen oksida untuk melebarkan pembuluh darah. Saat pembuluh darah melebar, aliran darah menuju penis semakin deras. Semakin deras aliran darah ke penis maka penis jadi bisa ereksi lebih kuat dan tahan lama.


5. Ginkgo biloba Memperlambat Penuaan


Buat kamu yang mau awet muda, konsumsi ginkgo biloba pilihan yang tepat. Keriput, garis halus, dan kulit kendur dapat diatasi dengan obat herbal alami ini. Sebab tanaman ini kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sebagai tanda-tanda penuaan. Caranya dengan membuat masker dengan campuran satu sendok pasta ginkgo biloba, setengah sendok bubuk kunyit, satu sendok madu, dan satu sendok jus gingseng.


Namun ginkgo biloba sebaiknya jangan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Ginkgo biloba bisa menyebabkan kelahiran prematur atau pendarahan selama persalinan. Sedangkan untuk ibu menyusui belum diketahui efeknya.


Ginkgo biloba juga tidak dapat dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Sebab bisa mengganggu jalannya pengelolaan diabetes. Selain itu, orang yang ingin melakukan operasi tidak disarankan mengonsumsinya sebab dapat memperlambat pembekuan darah.



Simak Video "Selama Ramadhan, Jam Operasional Pos Vaksinasi akan Dikurangi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya