Sabtu, 08 Feb 2020 11:15 WIB

Rambut Sering Rontok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Woman losing hair on hairbrush in hand Rambut rontok bisa disebabkan berbagai macam hal. (Foto: iStock)
Jakarta -

Tak hanya wajah, rambut juga tak luput dari perhatian terutama untuk para generasi muda atau milenial saat ini. Bahkan tidak jarang sebagian dari mereka harus merogoh kocek yang dalam untuk perawatannya saja.

Apa sih penyebab rambut rontok berlebihan yang sebenarnya? Ada yang bilang stres, banyak pikiran, atau terlalu kencang saat mengikat rambut. Dilansir dari Onlymyhealth, berikut ini mungkin jadi penyebab rambut rontok.

Penyebab rambut rontok

1. Hormon

Saat remaja, alasan pertama yang bisa dikaitkan dengan kerontokan rambut adalah masalah hormon. Pada perempuan remaja, akan ada saat untuk mengembangkan ovarium polikistik. Hal ini akan menyebabkan rambut rontok.

Sedangkan pada remaja laki-laki, penyebab kerontokan rambutnya bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon androgen pada tubuh.

2. Diabetes

Tanpa disadari, konsumsi gula yang berlebih juga bisa menyebabkan rambut rontok, pada laki-laki maupun perempuan. Ini bisa menjadi tanda awal dari diabetes atau kadar gula pada darah berlebih.

Jika rambut sudah mulai rontok, nggak salah kok untuk segera cek kadar gula darahnya. Cek gula darah lebih baik dilakukan dari sekarang daripada terlambat nantinya dan jadi diabetes akut.

3. Konsumsi obat-obatan

Rambut rontok atau kebotakan juga bisa terjadi karena adanya reaksi dari obat-obatan yang dikonsumsi. Ini bisa terjadi karena ada obat yang membuat alergi atau ada zat yang malah merusak keratin rambut.

Untuk mencegahnya, bisa konsultasikan efek samping obatnya ke dokter ya.

4. Terlalu banyak zat kimia

Rambut memang sangat penting, apalagi untuk perempuan. Untuk mendapatkan rambut yang bagus, pasti ada saja yang rutin mengunjungi salon untuk perawatan.

Tapi, terlalu banyak bahan kimia bahkan panas akibat blow hair dryer dan catokan yang dilakukan secara rutin, bisa membuat rambut rentan patah. Apalagi jika ditambah gel rambut, semprotan, hingga pewarna rambut akan memperparah kerontokan rambut.

5. Perawatan rambut yang berlebihan

Rambut juga bisa rontok kalau terlalu kuat disisir, keramas terlalu sering, dan ditambah dengan kondisioner yang ekstra kuat. Bukan hanya halus, tapi rambut semakin lama akan rapuh dan akhirnya rontok deh.

6. Makanan

Ini sih kebiasaan anak muda yang susah dihilangkan, yaitu konsumsi junk food atau makanan instan. Terlalu banyak mengkonsumsinya bisa menyebabkan kerontokan lho.

Untuk mengatasinya, tidak bisa dengan produk rambut yang kimia atau herbal. Tapi, bisa dikurangi bahkan menghilangkannya dengan melakukan diet yang seimbang dan sehat.

Selain itu, dikutip dari Healthline ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok:

Cara mengatasi rambut rontok

1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah lama digunakan untuk merawat rambut rontok. Itu berguna untuk menenangkan kulit kepala, mengurangi ketombe, dan membuka folikel rambut yang tersumbat minyak berlebih.

Cara menggunakannya, oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam seminggu.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya mengandung asam lemak yang bisa menembus dan menjaga kandungan protein pada rambut. Itu bisa digunakan sebelum atau sesudah mencuci rambut.

Untuk rambut yang berminyak, disarankan menggunakannya pada malam hari. Jika rambut kering, bisa digunakan sebagai perawatan harian.

3. Lemon

Jus lemon atau minyak lemon dipercaya bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya, oleskan pada kulit kepala sekaligus rambut dan diamkan selama 15. Setelah itu bersihkan dengan keramas. Kamu juga bisa menggunakan minyak esensial lemon sebagai masker rambut.



Simak Video "Kisah Bocah India yang Tubuh dan Wajahnya Penuh Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)