Sabtu, 08 Feb 2020 19:10 WIB

Istri Chrisye Meninggal Karena Stroke, Begini 'Golden Hour' Penanganannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Film Chrisye 'Golden hour' penanganan stroke yang dialami Damayanti Noor. Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Damayanti Noor, istri dari mendiang Chrisye dikabarkan meninggal dunia karena stroke pada Sabtu (8/2). Ia meninggal di kawasan Puncak, Cimacan, Jawa Barat dan rencananya akan dibawa ke rumah duka di Bintaro, Tangerang, Banten.

"Iya, stroke," kata pengamat musik sekaligus kerabat keluarga Chrisye, Stanley Tulung, saat dihubungi detikcom, Sabtu (8/2/2020).

Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) dr Mursyid Bustomi, SpS(K), mengatakan penangan penyakit stroke tidak boleh lewat satu detik pun. Jika terlewat, akibatnya bisa fatal dan merusak banyak jaringan tubuh.


"Golden hour untuk stroke itu harus diperhatikan. Terlambat 1 detik saja, akibatnya bisa fatal. Jadi, penanganan untuk penyakit stroke ini harus dilakukan sesegera mungkin," jelasnya pada detikcom beberapa waktu lalu.

dr Mursyid mengatakan, pasien harus ditangani dalam waktu kurang dari 4,5 jam. Dalam 'golden hour' itu, pasien harus segera diberi obat stroke dengan cara disuntikkan ke tubuh.

"Ada namanya door to middle, yaitu saat pasien dibawa masuk dari pintu rumah sakit sampai obat dimasukkan ke dalam tubuh. Itu harus dilakukan kurang dari 60 menit," ujarnya.

Bila tidak berhasil, lanjut dr Mursyid, akan dilakukan cara selanjutnya yaitu trombektomi atau penyedotan sumbatan darah. Waktu untuk melakukan ini juga terbatas, harus kurang dari 24 jam setelah stroke terjadi.

Jika mengikuti standar internasional akan membutuhkan waktu yang lebih cepat, yaitu kurang dari 30 menit. Menurut dr Mursyid, Semakin cepat diberikan obat, maka semakin baik.



Simak Video "Top 5: Istri Mendiang Chrisye Meninggal, Nikita Mirzani Tahanan Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)