Senin, 10 Feb 2020 10:23 WIB

Ini Makanan Peningkat Imunitas Tubuh yang Bisa Cegah Virus Corona

Angga Laraspati - detikHealth
ilustrasi citrus Foto: shutterstock
Jakarta -

Virus Corona telah menjadi perbincangan karena penyebarannya yang sudah mulai menyerang ke berbagai penjuru dunia. Virus yang disinyalir sebagai Pneumonia berat ini menyerang sistem pernapasan dengan gejala awal seperti pilek, demam, dan juga sakit tenggorokan.

Seperti yang diketahui, Corona menyerang manusia dengan imunitas tubuh yang rendah, sehingga imunitas tubuh memang harus ditingkatkan untuk mencegah virus tersebut masuk ke dalam tubuh. Dalam mencegah virus Corona peneliti menyarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut ini adalah makanan yang dapat tingkatkan imunitas tubuh:

Buah Citrus

Dilansir dari healthline.com, buah citrus merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin C yang banyak. Dengan rasanya yang dapat enak, buah-buah citrus tersebut dapat digabungkan dengan makanan yang lainnya, buah-buah citrus tersebut antara lain anggur, bermacam-macam jeruk (jeruk mandarin, jeruk nipis), dan lemon.

Paprika Merah

Dilansir dari healtline.com ternyata paprika merah merupakan sayuran yang memiliki vitamin C yang lebih banyak dari buah-buah citrus. Selain dapat melindungi tubuh dari berbagai virus karena kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, paprika juga dapat menjaga kulit agar tetap sehat.

Bayam

Siapa yang tidak kenal Popeye? Karakter kartun yang pada saat mengonsumsi sayur bayam dirinya akan semakin kuat. Ternyata ada makna di balik hal tersebut, sayur bayam diketahui memiliki kandungan yang kaya dengan vitamin C. Bayam juga dilengkapi dengan antioksidan dan juga beta karoten yang membantu tubuh dalam melawan infeksi sistem kekebalan tubuh. Sama halnya dengan Popeye, bayam akan menjadikan tubuh kuat untuk melawan virus-virus jahat yang akan masuk ke dalam tubuh.

Jahe

Jahe merupakan bahan makanan yang sering ditemukan di berbagai kuliner di Indonesia. Ternyata, jahe juga memiliki berbagai manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh di kondisi cuaca yang sedang tidak menentu ini. Jahe memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan yang mengakibatkan sakit di tenggorokan dan juga penyakit radang lainnya.

Yoghurt

Yoghurt adalah susu yang difermentasi yang biasa dikenal untuk melancarkan pencernaan. Namun, ternyata yoghurt memiliki manfaat lain salah satunya adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tetapi, ada baiknya untuk memiliki yoghurt plain.

Dari sekian banyak sumber peningkat imunitas tubuh yang ada, tubuh juga membutuhkan vitamin C yang dikatakan oleh peneliti memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, di pasaran tersedia berbagai jenis vitamin C. Jika pada aktivitas normal tubuh dapat mengonsumsi dosis vitamin C 500mg, namun pada aktivitas padat, musim pancaroba dan banyak virus seperti saat ini, vitamin C 1000 mg dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Pastikan juga vitamin C yang dikonsumsi juga aman di lambung, seperti Blackmores Bio C 1000 mg yang mengandung Citrus Bioflavonoid untuk meningkatkan kinerja vitamin C serta antioksidan alami (rutin, hesperidin, ekstrak rosehips, dan acerola). Penderita sakit lambung juga aman mengonsumsi ini karena Blackmores Bio C 1000 mg dilapisi mineral askorbat sehingga tidak asam.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)