Selasa, 11 Feb 2020 11:28 WIB

Berbagai Cara untuk Tingkatkan Imun Tubuh di Musim Pancaroba

Angga Laraspati - detikHealth
Hujan-hujanan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Beberapa daerah di Indonesia kini sedang mengalami musim pancaroba. Pada musim ini berbagai penyakit kerap menyerang sistem kekebalan tubuh. Apalagi baru-baru ini sedang merebak virus corona yang juga bisa diakibatkan karena lemahnya sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Imunitas yang rendah merupakan faktor utama dalam masuknya virus-virus yang menyerang tubuh, termasuk virus corona. Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan, imunitas adalah mekanisme pertahanan yang dimiliki tubuh untuk menghadapi perubahan yang terjadi dari dalam tubuh maupun diluar tubuh manusia.

"Jika imunitas baik dan terjadi perubahan cuaca maka tubuh bisa menghadapi dengan baik tanpa sakit, namun jika imunitas rendah maka tubuh gagal menghadapi perubahan sehingga bisa timbul penyakit," jelas dr Helmin baru-baru ini kepada detikHealth.

Lebih lanjut dr Helmin mengatakan, setidaknya ada 3 faktor yang menentukan seseorang bisa terinfeksi atau tidak, yang pertama adalah agen. Agen yang dimaksudkan di sini adalah orang yang menjadi sasaran infeksi. Jika daya tahan tubuh rendah maka infeksi bisa terjadi dan orang tersebut menjadi sakit.

"Yang kedua adalah kuman sebagai sumber infeksi, termasuk corona virus dan yang ketiga adalah lingkungan karena bisa menjadi sarana pendukung untuk kuman berkembang atau agent menjadi lemah, termasuk pancaroba," jelas dr Helmin.

Selain itu, berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam virus, termasuk virus corona. Cara tersebut antara lain menjaga pola hidup sehat seperti asupan nutrisi yang seimbang dan istirahat yang cukup.

"Selain itu olahraga teratur, dan pikiran positif juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu, jika dirasa asupan kurang bernutrisi dapat ditambahkan suplemen seperti multivitamin dan mineral atau bahan lain yang sudah terbukti secara klinis dapat membantu daya tahan tubuh," ungkap dr Helmin.

Seperti yang dijelaskan oleh dr Helmin, mengonsumsi multivitamin juga dapat membantu daya tahan tubuh dalam menghadapi musim pancaroba dan juga corona virus yang sedang berkembang saat ini.

Untuk itu cobalah mengonsumsi Xonce dengan kandungan 500mg vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi XonCe, kebutuhan tubuh akan vitamin C dapat terpenuhi, sehingga tubuh akan lebih kuat terhadap serangan penyakit yang datang.

(prf/up)