Rabu, 12 Feb 2020 07:00 WIB

Sering Tak Terdeteksi, Kenali Gejala dan Pencegahan Ranker Paru

Siti Masluha - detikHealth
Portrait of a female doctor Kanker paru sering tak bergejala (Foto: iStock)
Jakarta -

Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 2018 sebanyak 9,6 juta orang di dunia meninggal dunia akibat penyakit kanker. Di Indonesia sendiri pengidap kanker paru sudah meningkat sekitar 10 kali lipat dibandingkan tahun 2010.

Pengidap kanker paru yang meninggal tercatat sebanyak 2,09 juta jiwa. Penyebab penyakit kanker paru tidak hanya akibat merokok, tetapi ada faktor lain seperti polusi jangka panjang, bahan kimia, bahkan faktor genetik.


"Jika ada benjolan di paru walaupun sebesar bola pingpong tidak akan terasa oleh penderitanya," jelasnyaKebanyakan pengidap kanker paru tidak dapat merasakan gejala awal dan baru mengetahui penyakitnya setelah berada di stadium lanjut. Karena memang kanker paru adalah peenyakit yang sulit untuk dideteksi. Menurut dr. Elisna Syahruddin, Ph.D., Sp.P(K) Pulmonologis di Rs. Persahabatan, bahwa hal ini terjadi kanker paru berbeda dengan kanker lainnya seperti kanker kulit yang mudah terlihat.

Untuk itu ketahuilah beberapa gejala awal kanker paru berikut.
- Batuk dalam jangka waktu lama
- Batuk berdarah
- Sesak napas saat aktivitas normal
- Nyeri dada.

Dan jika kanker telah menyebar ke organ tubuh lain ada juga gejala seperti kehilangan berat badan, nyeri pada tulang, sakit kepala yang tidak kunjung hilang, atau bahkan lumpuh.

dr. Elisna Syahruddin, Ph.D., Sp.P(K) mengatakan ada beberapa cara untuk mencegah kanker paru, antara lain:

- Hindari asap rokok dimanapun berada
- Jangan pernah mulai merokok, dan
- Jika sudah menjadi perokok maka berhenti.

Selain itu ada berbagai macam pengobatan yang bisa dilakukan dalam kanker paru, yaitu operasi pengangkatan kanker, kemoterapi, radioterapi, dan imunoterapi yang nerupakan jenis pengobatan baru dalam kanker paru.

Ketahuilah gejala kanker sejak awal agar Anda dapat mengobatinya sebelum terlambat, selain itu hindari lah faktor penyebab kanker paru seperti paparan rokok. Hal ini akab baik untuk Anda dan juga orang di sekitar Anda.



Simak Video "Pentingnya Peran Keluarga Dalam Dampingi Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)