Rabu, 12 Feb 2020 10:31 WIB

Lucinta Luna Disebut Halu karena Narkoba, Jenis Apa Saja yang Bikin Halu?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Lucinta Luna saat ditemui di studio Trans TV. Lucinta Luna diamankan polisi. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Lucinta Luna sering disebut ratu halu oleh netizen karena berbagai sensasi yang dibuatnya. Saat ini Lucinta diamankan oleh polisi karena kedapatan mengonsumsi psikotropika.

Salah satu rekannya menyebut kebiasaan tidak biasa yang ditampilkan Lucinta diakibatkan karena efek narkoba. Narkoba kadang membuat Lucinta menjadi halu.

Mengutip Drug Abuse, ada beberapa jenis narkoba yang memiliki efek halusinogen dengan efek mengubah proses berpikir dan persepsi penggina dengan cara yang mengarah pada penyimpangan realitas.

Bagi banyak orang, pengaruh obat ini mewakili pengalaman baru dan diperluas serta mengalami sinestesia atau pengalaman sensorik campuran seperti mendengar suara tertentu. Efek lainnya adalah halusinasi dan pengalaman disosiatif.

Beberapa jenis narkotika dengan efek halusinogen yang paling umum adalah:

1. LSD

LSD atau D-lysergic acid diethylamide adalah bahan kimia yang paling mampu mengubah pikiran seseorang. LSD terbuat dari asam lysergic dan ditemukan pada jamur yang tumbuh pada gandum. Kebanyakan pengguna LSD akan mengalami euforia, halusinasi visual dan seringkali memiliki perubahan suasana hati.

2. Psilocybin

Psilocybin adalah zat halusinogen yag ditemukan di lebih dari 200 jenis jamur. Nama lainnya biasa disebut magic mushroom atau mushroom. Beberapa efeknya termasuk relaksasi, pengalaman spiritual, halusinasi, panik, paranoia, psikosis, muntah-muntah. Risiko yang terkait dengan penggunaannya adalah keracunan bahkan kematian.

3. DMT

DMT atau Dimitri adalah bahan kimia kuat yang ditemukan secara alami di beberapa tanaman Amazon. Efeknya mencakup halusinasi, distorsi tubuh, perubahan kesadaran dan persepsi, peningkatan detak jantung dan tekanan darah serta agitasi.

4. GHB

Lebih dikenal sebagai Gamma-Hydroxybutyric Acid, bahan kimia ini serung ditemukan secara alami di dalam sel tubuh manusia, Efeknya mulai dari euforia, penurunan hambatan, mengantuk, disorientasi, kehilangan koordinasi, dan penurunan denyut jantung.

5. Ketamin

Ketamin sering digunakan sebagai injeksi anastesi untuk manusia dan hewan. Kebanyakan ketamin dijual sebagai bubuk, pil, dan cairan suntik. Efek ketamin termasuk cepat dan meliputi mati rasa, halusinasi, psikosis, paranoia, depresi, agitasi, amnesia, gangguan kognitif, pusing, bahkan kejang.



Simak Video "Dipakai Lucinta Luna, Bolehkah Tramadol dan Riklona Dikonsumsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)